Gaji Guru Honorer Naik 50 Persen

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 05 September 2018 - 11:55:12 WIB   |  dibaca: 1293 kali
Gaji Guru Honorer Naik 50 Persen

BELAJAR : Salah satu guru memberikan pengajaran kepada pelajar di SMP Negeri 2 Kota Cilegon, kemarin.

CILEGON – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon telah mengajukan permohonan kenaikan gaji atau honor untuk guru honorer di Kota Cilegon. Dalam pengajuan tersebut, Dindik Kota Cilegon telah mengajukan sebesar Rp 500 ribu per guru ditahun 2019, namun setelah persetujuan ternyata direalisasikan kenaikannya sebesar 50 persen dari honor sebelumnya sebesar Rp 300 atau menjadi Rp 450 ribu.

Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan dan Pengarahan (Kespar) pada Dindik Kota Cilegon Hikmatulloh mengatakan, pada anggaran 2019 sudah disetujui untuk guru honor mendapatkan kenaikan honor sebesar Rp 150 ribu. Nilai tersebut diharapkan mampu terus meningkatkan kesejahteraan para gunu honor yang jumlahnya cukup banyak sekitar kurang lebih 2.500 guru di Kota Cilegon. "Untuk guru TK (Taman Kanak-kanak), SD (Sekolah Dasar) dan Sekolah Mengah Pertama (SMP), Insya Allah berkat perjuangan yang konsisten seluruh pihak akan mengalami kenaiakan. Hal ini tentu juga apresiasi yang tinggi dari Pemkot (Pemerintah Kota) Cilegon untuk pengabdian para guru," katanya kepada Banten Raya, Selasa (4/9).


Hikmatulloh menjelaskan, secara bertahap kesejahteraan guru terus ditingkatkan, semenjak 2010 pemerintah telah melakukan pemberian honor kepada sejumlah guru honorer di Kota Cilegon, sampai sekarang secara bertahap Pemkot Cilegon melalui Dindik Kota Cilegon terus mengupayakan adanya kenaiakan tersebut. "Pada 2010 sekitar Rp 150 ribu, pada 2015 menjadi Rp 300 ribu sampai sekarang. Tentu kedepannya sudah kami ajukan dan mengalami kenaikan," jelasnya.


Selain honor kepada guru, tambah Hikmatulloh, dalam mengapresiasi para guru juga ada program pemberian penghargaan oleh Dindik Kota Cilegon. Seperti yang dilakukan pada Agurtus lalu seluruh guru, pengawas, dan kepala sekolah berprestasi menjapatkan laptop, tropi dan piagam. "Sekitar 60 guru, pengawas dan kepala sekolah yang berperestasi mendapatkan laptop dari Dindik Kota Cilegon," tambahnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) yang sekaligus Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cilegon Ratu Ati Marliati mengungkapkan, pihaknya akan terus berupaya agar para guru ditingkatkan kesejahteraannya melalui kenaikan honor untuk guru honorer.

Namun, terkait dengan kenaikan ia belum memberikan penjelasan. Sebab, hal tersebut akan diumumkan pada 2019 mendatang. "Insya Allah (Ada kenaikan-red). Kami terus upayakan. Nominalnya berapa kita akan lihat anggaranya (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah-red). Nanti kita umumkan berapa naiknya di 2019," ungkapnya. (uri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook