Pedapatan KIR Ditarget Rp 300 Juta Pertahun

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Rabu, 05 September 2018 - 12:36:35 WIB   |  dibaca: 66 kali
Pedapatan KIR Ditarget Rp 300 Juta Pertahun

BELUM CAPAI TARGET : Proses uji kir yang dilakukan Dishun Pandeglang terhadap salah satu kendaraan milik warga, Rabu (3/9).

PANDEGLANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Pandeglang tengah berupaya melakukan peningkatan pemasukan jumlah pemohon pengujian kendaraan bermotor atau uji kir. Hal tersebut dilakukan guna mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari kir yang mencapai Rp 300 juta pertahun.


Plh Kasi Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Pandeglang, Rendhy Heryandhy mengakui target pendapatan uji kir tahun ini belum tercapai. Namun dia mengaku akan berupaya semaksimal mungkin agar target itu bisa tercapai karena saat ini jumlah kendaraan yang melakukan uji kir mengalami peningkatan. "Untuk target kir baru tercapai 63 persen, tapi kita optimis target yang ada bisa tercapai seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Rendhy, kemarin (3/9).


Untuk meningkatkan pemohon uji kir, lanjut Rendy, pihaknya akan menggelar razia kendaraan yang bekerjasama dengan pihak kepolisian, dengan harapan semua pengendara taat untuk melakukan uji KIR sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah. "Kita suka jemput bola turun ke lapangan menggelar razia kendaraan dan memberikan sosialisasi ke setiap kecamatan," terangnya.


Dia menjelaskan, uji kir adalah bagian terpenting dalam proses kepemilikan kendaraan. Setiap kendaraan umum dan barang wajib diuji kir agar kendaraan layak untuk digunakan. "Uji kir adalah bagian terpenting dalam keamanan berkendara. Jadi sebagai upaya menuju keamanan berkendara itu diwujudkan dengan uji kir. Jadi konteks keselamatan dalam berkendara sangat penting," jelasnya.


Rendhy mengaku pada saat melakukan uji kir, sering kali menemukan kendaraan yang tidak layak jalan. Namun meski begitu, dia selalu mengingatkan pemilik kendaraan untuk memperbaikinya terlebih dahulu sebelum melakukan uji kir. "Memang ada saja satu, dua kendaraan yang kita temukan bermasalah, seperti lampu rem tidak menyala dan ban sudak tidak layak pakai. Itu pun kita sarankan untuk diganti," ungkapnya.


Kepala Bidang Angkutan Dishub Pandeglang, Entong Haromaen menuturkan, sudah melakukan koordinasi dengan bagian pengujian kendaraan bermotor untuk meningkatkan pemohon uji kir dengan cara menggelar razia kendaraan. "Sudah kita koordinasikan tinggal tunggu waktu razianya saja masih kita tentukan, karena ini sangat penting agar semua pengendaraan taat untuk uji kir. Apalagi uji kir untuk mengetahui kendaraan yang digunakan masih layak digunakan atau tidak," tuturnya. (yanadi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook