Bawaslu Menangkan Gugatan Dua Caleg Eks Koruptor

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 07 September 2018 - 15:05:58 WIB   |  dibaca: 97 kali
Bawaslu Menangkan Gugatan Dua Caleg Eks Koruptor

SIDANG : Suasana sidang ajudikasi di Bawaslu Pandeglang dengan agenda pembacaan putusan, kemarin.

PANDEGLANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang meloloskan gugatan Calon Legislatif (Caleg) mantan narapidana korupsi asal Partai Golkar Pandeglang, yakni Dede Widarso dapil lima dan Heri Bailanu dapil satu. Keputusan ini dibacakan dalam sidang ajudikasi Bawaslu Pandeglang dengan agenda penyampaian permohonan dari pemohon di Bawaslu Pandeglang, Kamis (6/9).


Ketua Bawaslu Pandeglang, Ade Mulyadi membenarkan, pihaknya telah selesai melaksanakan sidang ajudikasi dan hasilnya menerima permohonan pemohonan untuk seluruhnya. “Tadi amar putusannya sudah dibacakan, menerima permohonan pemohon,” kata Ade, kemarin petang.


Dalam putusan penyelesaian sengketa proses pemilihan umum regisiter: 001/PS/BWSL.PDG.11.06/VIII/2018, Bawaslu Pandeglang juga menetapkan membatalkan surat keputusan KPU Pandeglang Nomor 103/Hk.03.1.Kpts/3601/KPU-KAB/VIII/2018 tentang Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPRD Pandeglang  pada Pemilu 2019; memerintahkan kepada KPU Pandeglang untuk mengeluarkan surat keputusan (SK) tentang Penetapan DCS anggota DPRD Pandeglang yang memuat nama Heri Baelanu dan Dede Widarso.


Ditanya dasar putusan di atas, Ade Mulyadi mengatakan, Bawaslu mendasarkan pada delapan ketentuan, antara lain UUD 45, Putusan MK Nomor 42/PUU-XIII/2015, Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, dan PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota. “Bawaslu memerintahkan KPU Pandeglang untuk melaksanakan putusan sesuai dengan peraturan perundang-undangan paling lambat tiga hari sejak putusan dibacakan,” tegasnya.


Terpisah, Ketua KPU Pandeglang Ahmad Sujai mengatakan, atas putusan Bawaslu Pandeglang pihaknya akan melakukan pembahasan terlebih dahulu di internal serta mengkonsultasikan ke KPU Banten. “Pada dasarnya KPU Pandeglang menghormati putusan Bawaslu Pandeglang yang mengabulkan permohonan pemohon dalam hal ini Partai Golkar, yang mana putusan Bawaslu Pandeglang mengabulkan permohonan pemohon. Namun kami secara kelembagaan akan bersikap sesuai dengan arahan dari  atasan baik KPU RI ataupun KPU Banten,” kata Jai-panggilan Ahmad Sujai. (muhaemin)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook