Masjid Raya Butuh Rp 54 Miliar

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 07 September 2018 - 15:14:06 WIB   |  dibaca: 436 kali
Masjid Raya Butuh Rp 54 Miliar

ALIH FUNGSI : Pengendara motor melintas di jalan raya sekitaran Alun-alun Barat Kota Serang yang rencananya akan dialigfungsikan menjadi Masjid Raya, Kamis (6/9).

SERANG- Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mengalihfungsikan Alun-alun Barat Kota Serang menjadi Masjid Raya tampaknya benar-benar akan direalisasikan. Anggaran pembangunan masjid tersebut akan diusulkan di APBD murni 2019 sebesar Rp 54 miliar.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang Dedie Suryadi mengatakan bahwa pembangunan Masjid Raya di lokasi Alun-alun Barat Kota Serang sebenarnya masih rencana.

Meski demikian ia tidak menampik bila saat ini Pemkot Serang mulai merealisasikan keinginan Walikota Serang Tubagus Haerul Jaman itu.“Kita anggarkan fisibility studi (FS) di perubahan (APBD perubahan tahun 2018),” kata Dedie, Kamis (6/9).

Sementara anggaran untuk membuat detail engineering design (DED) dan pembangunannya akan diusulkan pada APBD murni tahun 2019. Ia menungkapkan bahwa rencana pembangunan Masjid Raya ini merupakan kebijakan kepala daerah. Ditanya mengenai kapan akan dilakukan peletakan batu pertama, Dedie mengatakan bahwa sebelumnya direncanakan akan dilakukan pada 13 September.

Namun karena pada hari yang sama ada agenda lain di Provinsi Banten, maka jadwalnya digeser.“Saat ini sedang dirapatkan oleh organisasi perangkat daerah terkait. Yang rapat DPUPR, Bappeda, Asda II, dan lainnya. Kebetulan saya tidak ikut,” katanya.

Ditanya apakah pembangunan Masjid Raya itu ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Serang, Dedie enggan menjawab dan mempersilakan wartawan bertanya ke Asda II Kota Serang Poppy Nopriadi. Agar pembangunan ini sesuai dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW), maka akan dimasukkan ke dalam RTRW yang saat ini sedang dalam masa revisi.Dedie mengungkapkan bahwa karena membutuhkan banyak anggaran maka kemungkinan pembangunan Masjid Raya akan dibangun bertahap dengan pendanaan multi year.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Serang M Ridwan membenarkan bahwa anggaran pembangunan Masjid Raya akan diusulkan dalam APBD murni 2019. Besaran anggaran yang diusulkan adalah Rp 54 miliar. Namun ia yakin dalam perjalanannya, usulan itu akan berkurang.“Ya paling yang di-acc (disetujui) oleh dewan Rp 30 miliar,” katanya.

Ridwan menyatakan bahwa anggaran Rp 54 miliar yang akan diusulkan itu sampai saat ini belum dirinci untuk apa saja. Pembahasan mengenai itu baru akan dilakukan dalam waktu dekat. Namun yang bisa dipastikan selain untuk pembangunan fisik juga untuk pembuatan detail engineering design.Sementara itu ketika Banten Raya mencoba menghubungi Asda II Kota Serang Poppy Nopriadi yang bersangkutan tidak kunjung mengangkat telepon meski sudah berkali-kali dihubungi. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook