Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Rabu, 12 September 2018 - 11:48:23 WIB   |  dibaca: 43 kali
Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam

MENYALAKAN OBOR : Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyalakan api obor yang dibawa warga di Alun-alun Pandeglang, kemarin.

PANDEGLANG - Dalam rangka menyambut tahun baru Islam, 1440 Hijriyah, ribuan warga Kabupaten Pandeglang menggelar pawai obor di halaman Masjid Agung Ar-Rahman Pandeglang, Senin (10/9) malam. Kegiatan pawai yang dilepas Bupati Pandeglang, Irna Narulita ini berlangsung ramai. Warga beriringan berjalan kaki dengan membawa obor mengelilingi Alun-alun Pandeglang.


Pantauan Banten Raya, pawai obor diikuti warga dari beragam kalangan, mulai dari santri pondok pesantren, pelajar, jajaran pemerintah daerah, orangtua, pemuda, remaja hingga anak-anak.Usai mengikuti pawai, warga memadati Masjid Agung Ar-Rahman, karena dilanjutkan dengan acara istigasah dan bagi-bagi hadiah dari Pemkab Pandeglang.


Menurut Irna, pawai obor merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun untuk menyambut 1 Muharam. Irna mengharapkan, kegiatan itu bisa memberikan manfaat kepada warga dalam menebarkan syiar agama Islam. "Momentum ini memang sebagai suka cita umat muslim. Dibalik suka cita itu harus dapat bertafakur dan mengevaluasi diri dari apa yang sudah kita lakukan untuk ketaatan kita kepada Allah SWT," kata Irna, dalam sambutannya.


Irna meminta dukungan dan dorongan masyarakat dalam memimpin Pandeglang. Dia menginginkan Pandeglang ke depan lebih maju dan masyarakatnya sejahtera. Meski demikian, kegiatan tersebut merupakan perilaku yang bijak dan mulia sebagai hamba Allah yang menyadari akan kekurangan. "Mari kita pikirkan apa sumbangsih kita untuk daerah yang kita cintai ini, semoga Pandeglang terus maju dalam lindungan Allah SWT," harapnya.


Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Pandeglang, Samsudin menuturkan, kegiatan 1 Muharam ini sebagai bentuk menyiarkan ajaran-ajaran agama Islam. Sebab, sudah tidak dapat dipungkiri perkembangan zaman dan teknologi begitu pesat, sehingga membuat para siswa harus dapat memilah kegiatan yang lebih positif. "Kami menyerukan aspirasi dan dalam siar Islam," tuturnya.


Dia menjelaskan, dalam acara festival I Muharam banyak kegiatan yang dilaksanakan yaitu pawai obor, Istighosah, lomba cerdas cermat Islami tingkat SLTA, lomba kaligrafi tingkat SMP dan SMA, Musabaqah Tilawatil Quran cabang tilawah dan hifdzil Quran, lomba seni Islami dan acara puncak yaitu tabligh akbar. "Rangkaian acara itu semua dalam rangka mengenbangkan potensi anak muda dan terhindar dari degradasi moral," jelasnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook