Guru Besar UIN Ajak Budayakan Baca Quran

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 12 September 2018 - 12:07:19 WIB   |  dibaca: 238 kali
Guru Besar UIN Ajak Budayakan Baca Quran

MENGAJAR : Syibil Syarjaya, Guru Besar UIN SMH Banten, menyampaikan materi sosialisasi literasi pembacaan Alquran yang digagas oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Banten, kemarin.

SERANG - Mengimani Alquran merupakan salah satu rukun yang menjadi landasan bagi seorang muslim untuk beriman terhadap Robb-Nya. Sebagaimana firman Allah SWT tentang mengimani Alquran dalam surah Albaqarah ayat 2-4. Hal tersebut disampaikan KH. Abdul Latif, dalam kegiatan Sosialisasi Literasi Pembaca Alquran di delapan kabupaten/kota se-Banten.


Menurut Abdul Latif, Tahsinul Qur’an atau memperbaiki bacaan Alquran adalah indikasi dari keimanan seorang muslim. Tentang hal ini Allah SWT berfirman dalam Surat Albaqarah ayat 121.“Yang artinya Orang-orang yang diberikan al-Kitab (Taurat dan Injil) membacanya dengan benar. Mereka itulah orang-orang yang mengimaninya. Dan barangsiapa yang ingkar kepada al-Kitab, maka merekalah orang-orang yang merugi,” kata Abdul kepada ratusan peserta yang hadir, kemarin.


Ia menjelaskan, walaupun ayat ini menyinggung kaum Ahlul Kitab yang terdiri dari kaum Yahudi dan Nasrani, tapi sebagian besar para mufassirin menyebutkan bahwa seruan ayatnya bersifat umum.


Hal ini juga diperkuat oleh kaedah Ushul Fiqih yang menyatakan, ibrah (pelajaran) itu dilihat dari umumnya lafaz, bukan dari sebab yang khusus. Oleh karena itu wajib hukumnya bagi setiap muslim dan muslimah untuk memperhatikan bacaan Alqurannya.“Ini disebabkan karena tilawah yang baik akan mempengaruhi kualitas ibadah kita di sisi Allah SWT. Sebagai contoh misalnya, dalam shalat jama’ah bagi kaum laki-laki muslim, bacaan al-Fatihah yang tidak baik dan berantakan dapat menyebabkan shalat jama’ah menjadi tidak sempurna,” ujar Abdul menjelaskan.


Senada disampaikan, Syibli Syarjaya Guru Besar Hukum Islam UIN Banten, dalam Surat Alankabut ayat 45 menyatakan, bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Alquran dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.“Mari kita jadikan kembalikan membaca Alquran sebagai budaya Banten, yang dikenal seribu ulama sejuta santri yang religius,” ajak Syibli. (satibi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook