Pemprov Akan Bangun SKh Negeri di Cilegon

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 12 September 2018 - 12:10:14 WIB   |  dibaca: 304 kali
Pemprov Akan Bangun SKh Negeri di Cilegon

UNJUK KEBOLEHAN : Grup band anak berkebutuhan khusus unjuk kebolehan dalam memainkan musik dan bernyanyi dalam sebuah acara belum lama ini.

SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten, tahun ini akan segera membangun Sekolah Khusus (SKh) Negeri Kota Cilegon.Menurut Kepala Bidang Pendidikan Khusus pada Dindikbud Banten, Arkani, berdasarkan hasil komunikasi dengan Pemerintah Pusat, Pemprov Banten akan mendapatkan bantuan berupa pembangunan sekolah baru Skh Negeri.“Tahun ini kami mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Pusat untuk membangun satu unit SKh Negeri di Kota Cilegon, dan tahun depan satu unit SKh Negeri di Kota Tangerang,” kata Arkani kepada Banten Raya, kemarin.


Ia menjelaskan, proses pembangunan SKh Negeri ini sifatnya swakelola. Artinya, Pemerintah Pusat akan mengalokasikan anggaran dan pembangunan sesuai dengan detail engineering Design (DED) yang dibuat oleh Pemerintah Pusat.“Pemerintah daerah hanya menyiapkan lahan untuk pembangunan SKh Negeri tersebut,” ujar Arkani.


Seperti gayung bersambung, kata Arkani, Pemerintah Kota Cilegon melalui Plh Sekda Ratu Ati Marliati menyambut baik program pembangunan SKh Negeri tersebut, dengan bersedia menghibahkan tanah untuk dijadikan SKh Negeri.“Adapun lokasi tanah tersebut berada di Kampung Kubang Laban, Kelurahan Panggungrawi, Kecamatan Jombang, dengan luas tanah 3.700 hektar persegi dengan dua sertifikat,” ungkap Arkani.


Masih kata mantan Pengawas Sekolah ini, usai melakukan cek ke lapangan, lokasi yang akan dijadikan pembangunan SKh Negeri tersebut merupakan lahan yang saat ini menjadi tempat penampungan air. Sehingga dibutuhkan anggaran tambahan untuk melakukan pengerukan lokasi tersebut.“Alhamdulilah, setelah kami laporkan kondisi lahan yang dihibahkan oleh Pemerintah Kota Cilegon, Pemerintah Pusat akan kembali mengalokasikan anggaran untuk pengerukan lahan tersebut,” kata Arkani.


Tahap berikutnya, lanjut Arkani, Pemerintah Pusat bersama dengan Pemprov Banten akan melakukan visitasi ke lokasi pembangunan, kemudian akan segera dialokasikan anggaran untuk pengerukan dan pembangunan SKh Negeri Kota Cilegon tersebut.“Nanti dalam proses pengerukan, bagaimana pengusaha yang menang tender dalam melakukan pengerukan tidak mengganggu masyarakat, dan sekolah yang ada di sekitar lokasi,” katanya.


Ia mengaku, SKh Negeri Kota Cilegon ini memiliki konsep sekolah SKh yang paling nyaman dengan dilengkapi tempat bermain, pepohonan yang rindang, sarana dan prasarana lainnya yang mendukung kegiatan belajar mengajar bagi anak berkebutuhan khusus.“Nanti pembangunan SKh Negeri Kota Cilegon terdiri dari enam local kelas, satu kantor dan ruang guru, MCK, musholah dan sarana prasarana lainnya,” ungkapnya.


Terkait dengan sumber daya manusia dalam hal ini guru, Arkani mengatakan, guru SKh di Kota Cilegon saat ini banyak yang masih mengajar di sekolah swasta. Dengan menggunakan system informasi presensi pegawai online, semua guru negeri yang dapat tunjangan dari APBD Banten akan diminta untuk mengajar di SKh Negeri.“Guru SKh se-Banten yang mendapatkan tunjangan dan sertifikasi dari APBD Banten sebanyak 272 guru, yang saat ini masih mengajar di sekolah swasta.

Oleh karena itu, kami akan meminta para guru tersebut untuk kembali mengajar di SKh Negeri,” ujarnya.“Untuk memenuhi jam mengajar untuk memenuhi penilaian sertifikasi, guru SKh tersebut akan diperbolehkan untuk mengajar di sekolah swasta atas siizin kepala sekolah,” sambungnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook