Pemilih Ganda Diklaim Cuma 294

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Kamis, 13 September 2018 - 11:37:39 WIB   |  dibaca: 210 kali
Pemilih Ganda Diklaim Cuma 294

PEMILIH GANDA : Ketua KPU Lebak Ahmad Saparudin memimpin rapat pleno terbuka penetapan DPT hasil perbaikan pada pemilu 2019, di Gedung Bangkit, Rangkasbitung, Rabu (12/9).

RANGKASBITUNG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak menerima laporan dari partai politik (parpol) yang menyebutkan bahwa pemilih ganda di Kabupaten Lebak mencapai 1.048.575. Data tersebut merupakan laporan parpol peserta pemilu 2019 usai rapat pleno DPT  di KPU RI.


"Adanya laporan dari parpol setelah pleno maka kami tindaklanjuti melakukan pencermatan Sidalih (sistem informasi data pemilih). Dari 1.048.575 pemilih ganda yang direkomendasikan parpol ternyata hanya 294 pemilih ganda," kata Komisioner KPU Kabupaten Lebak Apipi dalam rapat pleno terbuka  penetapan DPT hasil perbaikan pada pemilu 2019 di Gedung Bangkit, Rangkasbitung, Rabu (12/9).


Menurut Apipi, laporan pemilih ganda tidak hanya datang dari parpol tetapi juga dari Bawaslu. Pihak Bawaslu merekomendasikan terdapat pemilih ganda di Lebak sebanyak 8.371.
"Rekomendasi parpol dan Bawaslu kami tindaklanjuti dan dilakukan pencermatan sidalih selama tiga hari tiga malam. Dibantu Anggota PPK," katanya.


Apipi juga mengungkapkan bahwa PPK yang membantu dari 28 kecamatan hanya 27 kecamatan. Sementara satu kecamatan absen. "Yakni Kecamatan Cigemblong karena tidak masuk rekomendasi diketemukan pemilih ganda," katanya.


Lebih lanjut Apipi mengatakan, dari 27 kecamatan pemilih ganda  tidak diketemukan di semua kecamatan. Berdasarkan hasil pencermatan pemilih ganda ditemukan di Kecamatan Banjarsari, Bayah, Bojongmanik, Cijaku, Cibadak, Cimarga, Kalanganyar, Panggarangan, Leuwidamar, dan Kecamatan Cibeber. "Pemilih ganda di kecamatan tersebut sudah dieksekusi. Artinya sudah dilakukan penghapusan," katanya.


Lebih lanjut Apipi menuturkan, sebelum dilakukan pencermatan jumlah DPS Kabupaten Lebak sebanyak 938.537 jiwa. Kemudian setelah penetapan DPT menjadi 941.789 jiwa.
"Namun setelah dilakukan pencermatan, jumlah DPT hasil perbaikan mengalami pengurangan sebanyak 2227. Dari sebelumnya sebanyak 941.789 menjadi 939.562 orang," katanya.


Komisioner KPU Provinsi Banten Agus Sutisna mengungkapkan, laporan parpol terkait data ganda tersebut sangat mengejutkan, "Satu suara sangat berharga, untuk itu DPT harus komprehenshif akurat dan mutakhir. KPU memberikan ruang kepada warga yang tidak masuk DPT sampai pertengahan Maret 2019," katanya.


Agus berharap, pengurus parpol memantau proses penetapan DPT sampai tuntas."Kita ingin DPT ini terpercaya dan paling paling akurat berkualitas. Oleh karena itu kami semua bertekad persoalan data tak boleh main-main,"katanya.


Anggota PPK Sajira Muhidin menuturkan, pencermatan DPT ganda sudah selesai dilakukan. "Paling sulit pencermatan menemukan data satu NIK tapi beda nama. Untuk  menangani kasus tersebut kita tidak hanya mengecek sidalih tetapi juga SIAK (sistem informasi administrasi kependudukan)," katanya.


Ketua Bawaslu Lebak Odong Hudori menuturkan, temuan Bawaslu terkait DPT ganda 8.371 orang. "Tapi setelah dilakukan pencermatan bersama KPU, Bawaslu dan parpol sudah diplenokan sebanyak 294 orang. Terkait pengurangan jumlah DPT karena memang DPT dinamis hari ini segini besok bisa berubah, kami hanya memastikan KPU melaksanakan aturan itu sendiri," katanya.(purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook