80 Investor Gunakan Sistem OSS

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Kamis, 13 September 2018 - 11:41:48 WIB   |  dibaca: 125 kali
80 Investor Gunakan Sistem OSS

DIPANTAU : Kepala DPMPPTSP Pandeglang, Ida Novaida memantau pelayanan perizinan OSS di kantornya, Rabu (12/9).

PANDEGLANG - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Kabupaten Pandeglang mencatat sudah ada sekitar 80 investor yang mengajukan proses perizinan melalui sistem Online Single Submission (OSS). Dijelaskan Kepala DPMPPTSP Pandeglang, Ida Novaida, antusiasme para investor dinilai cukup tinggi dalam mengikuti pendaftaran usaha dengan OSS.

Hal itu terlihat dari banyaknya investor yang sudah mulai mengerti sistem perizinan online yang dikeluarkan pemerintah tersebut. "Sistem OSS sudah banyak yang menggunakan. Dari 80 perusahaan yang mengajukan proses izin pengajuan NIB (nomor induk perusahaan) melalui OSS itu baik perorangan maupun berbadan hukum," jelas Ida di kantornya, Rabu (12/9).


Ida memastikan, dinasnya sudah siap mendukung mengimplementasikan sistem OSS. Menurutnya, dengan adanya sistem perizinan online tersebut diharapkan dapat mendorong perekonomian daerah, terutama dari sisi investasi. Jika investasi berkembang, laju perekonomian daerah bisa semakin kencang karena investasi bisa mendongkrak sektor industri, dan pariwisata. "Dengan proses perizinan yang mudah, kita berharap realisasi investasi akan lebih meningkat," harapnya.


Kepala Bidang Pelayanan Perizinan DPMPPTSP Pandeglang, Erik Widaswara menyebutkan, dari banyaknya investor yang mengajukan perizinan melalui sistem OSS masih ada yang harus dipandu karena ada beberapa dari mereka yang belum mengerti sistem perizinan online tersebut. "Dari 80 perusahaan itu memang ada yang datang untuk langsung daftar ke sini (kantor-red) dan ada juga yang daftar sendiri," ujarnya.


Menurutnya, sistem OSS sebetulnya hanya menampung data persyaratan permohonan perizinan yang diajukan calon investor. "Sudah kita lihat satu per satu dokumen perizinannya, sudah ada yang kita komunikasikan dengan orangnya karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Misalnya, ada calon pelaku usaha akan mengurus izin di Pandeglang, tinggal kita cek melalui OSS karena langsung terintegrasi dengan pusat," terangnya.


Dia mengklaim, sistem OSS sangat membantu para investor karena secara tidak langsung proses perizinan yang diajukan akan mendapatkan pengawasan secara ketat, mulai dari pemerintah daerah hingga pusat. "Sistem OSS mempermudah semua proses izin. Selain diawasi oleh pemerintah daerah, pusat juga ikut melakukan pengawasan," katanya. (yanadi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook