KTP Tercecer Dipotong-potong

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 13 September 2018 - 15:06:54 WIB   |  dibaca: 157 kali
KTP Tercecer Dipotong-potong

CEGAH TERULANG : Pegawai DIsdukcapil Kabupaten Serang memotong KTPel yang ditemukan tercecer di Kecamatan Cikande, Rabu (12/9).

SERANG – Kartu tanda penduduk (KTP) sebanyak 2.910 keping yang ditemukan warga di Kampung Banjarsari RT 01/03, Desa Cikande, Kecamatan Cikande pada Senin (10/9) tersebut akan segera dimusnahkan. KTP yang saat ini sudah diamankan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tersebut telah dipotong-potong oleh petugas disdukcapil.


Bupati Serang Rt Tatu Chasanah mengatakan, terjadinya penemuan KTP yang sudah tidak berlaku tersebut merupakan karena adanya kesalahan di tingkat kecamatan. “Harusnya KTP itu dikembalikan ke disdukcapil. Itu KTP yang sudah tidak terpakai dan harus dikembalikan ke Kemendagri, karena di sana penuh maka harus dihandle oleh daerah masing-masing,” kata Tatu, Rabu (12/9).


Ia menjelaskan, walaupun KTP tersebut sudah tidak berlaku, namun tidak seharusnya dibuang sembarangan karena merupakan dokumen penting, sehingga khawatir dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. “Sekarang sudah ditarik oleh disdukcapil, nanti pemusnahannya kita akan mengikuti SOP (standar operasional prosedur) yang diberikan oleh Kemendagri,” ujarnya.


Agar kejadian KTP tercecer tidak terulang lagi, Tatu mengaku telah memerintahkan petugas disdukcapil untuk turun ke kecamatan-kecamatan. “Sudah dirapatkan dengan kecamatan-kecamatan, mungkin di tingkat bawah tidak tahu SOP terkait penanganan persoalan KTP bekas.  Iya ini bentuk kelalaian, dan ke depan tidak boleh terjadi lagi,” tuturnya.


Terpisah, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Serang Zaenal Abidin mengatakan, ditemukannya KTP yang tercecer tersebut merupakan hal yang lumrah akiban human error. “Itu hal yang lumrah, tapi memang secara prinsipnya seharusnya itu tersimpan rapi dan tidak tececer. Ke depan harus lebih hati-hati lagi saja agar tidak terulang,” katanya. (tanjung)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook