250 Pelajar Paud Manasik Haji di RTH

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 14 September 2018 - 11:15:35 WIB   |  dibaca: 156 kali
250 Pelajar Paud Manasik Haji di RTH

MANASIK HAJI : Para murid Paud belajar melakukan tawaf dengan mengelilingi miniatur kabah, Kamis (13/9).

CILEGON – Sebanyak 250 siswa dari 12 sekolah Pendidikan Usia Dini (PAUD) se-Kecamatan Cilegon melaksanakan manasik haji di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kecamatan Cilegon. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pelajaran menyempurnakan ibadah rukun Islam yang kelima.

Ketua Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Paud Kecamatan Cilegon Nining Yuningsih mengatakan, manasik haji tingkat kecamatan tersebut adalah yang perdana dilakukan oleh PKG PAUD Kecamatan Cilegon.

Diadakan pada tingkat kecamatan agar manasih bisa berjalan secara kondusif dengan peserta yang tidak terlalu banyak, sehingga penerapan rukun-rukun dalam berhaji bisa dilakukan secara baik. "Biasanya ikut tingkat kota yang jumlahnya ribuan dan terkadang tidak efektif karena anak-anak merasa lelah menunggu giliran yang terlalu lama," katanya kepada Banten Raya, Kamis (13/9).

Selain menyempurnakan ajaran agama Islam, tambah Nining, diharapkan dengan manasik haji tersebut bisa menjadi ajang untuk membentuk karakter keimanan dan ketakwaan siswa semenjak dini. "Ada banyak hal yang kami harapkan bisa dipelajari dari praktek manasik ini, paling tidak selain mengenal, meraka bisa menginternalisasi nilai-nilai ibadah dalam implementasi sikap dan perbuatan," tambahnya.


Sementara itu, Camat Cilegon Idad Zaldad yang datang dalam acara tersebut mengapresiasi adanya kegiatan manasik haji tingkat kecamatan. Sebab, malalui manasik siswa semenjak dini dibangun karakter sebagai manusia yang bermoral dan taat beribadah. "Ada nilai kesabaran dan keihlasan yang bisa diambil dan ditanamkan kepada siswa. Sebab, seluruh ibadah termasuk haji pasti ada nilai moralnya," terang pria dengan paras berewok ini.

Idad menambahkan, dengan menanamkan kegiatan moral dan keagamaan semenjak dini, kedepannya siswa pasti bisa memiliki keperibadian yang baik, sehingga pada akhirnya menjadi manusia-manusia yang berguna bagi bangsa dan agamanya. "Sejak dini sudah didik dan ini menjadi tugas kita semua. Kedepan mereka adalah generasi yang lahir dengan akhlak yang mulia," tambahnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook