Seleksi KPU Kabupaten/Kota Perlu Partisipasi Masyarakat

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 14 September 2018 - 13:43:35 WIB   |  dibaca: 81 kali
Seleksi KPU Kabupaten/Kota Perlu Partisipasi Masyarakat

JUMPA PERS : Komisioner KPU Banten AGus Sutisna (kanan) saat jumpa pers terkait seleksi calon anggota KPU Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Tangerang, di Media Center KPU Banten, Kamis (13/9).

SERANG- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten Agus Sutisna meminta kepada tim panitia seleksi (pansel) KPU kabupaten/kota untuk selektif dalam menjalankan tugasnya, dan meminta peran serta masyarakat untuk memberikan masukan. Sehingga, para calon yang terpilih nanti adalah orang-orang yang memiliki kompetensi unggul, berintegritas, dan memiliki pengalaman yang mumpuni.


Menurut Agus, jika unsur kompetensi, integritas dan pengalaman terpenuhi, maka KPU Banten sebagai koordinator dan supervisi dalam penyelenggaraan pemilu akan lebih mudah dalam bekerja, terutama persoalan pemilih.“Saya juga meminta peran dna pengawasan masyarakat untuk memberikan masukan agar proses pemilihan ini bisa berjalan dengan fair, terbuka, akuntabel dan partisipasif,” ujar Agus Sutisna saat jumpa pers tim seleksi calon anggota KPU Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Tangerang, di ruang Media Center KPU Banten, Kamis (13/9).


Agus juga mengingatkan kepada semua pihak bahwa KPU Banten tidak bisa terlibat apalagi intervensi menentukan komisioner KPU kabupaten/kota ini. “Semua kewenangan seleksi calon komisioner di tiga kabupaten/kota ada ditangan tim seleksi. Namun, kami yakin 10 calon anggota KPU tiga kabupaten/kota adalah kandidat terbaik,” ungkapnya.


Ketua Timsel KPU Kabupaten/Kota Suwaib Amiruddin kepada wartawan mengaku akan mengedepankan prinsip musyawarah untuk mufakat dalam menjalankan tugasnya sebagai timsel. Adapun pengumuman pendaftaran calon anggota KPU kabupaten/kota akan dilaksanakan 14 sampai 18 September.“Pendaftaran calon anggota KPU kabupaten/kota tanggal 19 sampai 27 Spetember, sedangkan pada 19 Spetember sampai 8 November kami meminta tanggapan dari masyarakat terkait para calon KPU kabupaten/kota tersebut,” katanya.


Untuk penelitian administrasi, lanjutnya, akan dilaksanakan pada 20 September sampai 2 Oktober, pada 4 sampai 8 Oktober adalah jadwal pengumuman hasil penelitian administrasi. Tes tulis akan dilakukan dengan menggunakan system CAT pada 9 sampai 10 Oktober, tes psikologi 11 sampai 15 Oktober pengumuman hasil tes 17-19 Oktober.“Untuk tes kesehatan akan dilakukan pada 22 sampai 26 Oktober, tes wawancara 29 Oktober sampai 2 November, dan penyampaian nama calon anggota KPU tanggal 9 sampai 13 November,” jelasnya. (satibi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook