Diterjunkan ke Wilayah Rawan Bencana

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 14 September 2018 - 14:09:07 WIB   |  dibaca: 385 kali
Diterjunkan ke Wilayah Rawan Bencana

PELATIHAN : Peserta Latsar relawan BPBD Kabupaten Serang berfoto di sela-sela pelatihan, di Desa CIkedung, Kecamatan Mancak, Rabu (12/9).

SERANG - Menjadi tim relawan kebencanaan harus siap menghadapi situasi apapun saat bencana terjadi. Untuk itu diperlukan kecakapan, ketangkasan, dan keberanian dalam menjalankan tugas di lapangan.

Sebanyak 26 relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang mengikuti pelatihan dasar (latsar) selama dua pekan. Peserta yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan tersebut mengikuti setiap tahapan yang diberikan oleh instruktur pelatihan.


Sebelum mereka diterjunkan ke lapangan untuk mengikuti tahapan latihan, mereka terlebih dulu diberikan teori yang berkaitan dengan seluk beluk kebencanaan. “Untuk latihan kita pilih Desa Cikedung, Kecamatan Mancak sekaligus pengenalan wilayah,” kata Instruktur Latsar Jhoni E Wangga, Kamis (13/9).


Dipilihnya Desa Cikedung, Kecamatan Mancak bukan tanpa alasan, melainkan tempat tersebut masuk daerah yang rawan terjadinya bencana longsor seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. “Kita tahu jarak tempuh ke sana (Cikedung-red) cukup jauh dan medannya sudah susah dilalui,” ujarnya.


Dalam pelatihan itu, para peserta dituntut untuk menguasai sistem manajemen kebencanaan, memahami klasifikasi dan jenis-jenis bencana, mampu melakukan penanganan dan pencagahan bencana serta mampu mengurangi dampak resiko bencana. “Mereka wajib tahu apa yang harus dilakukan saat bencana terjadi,” tuturnya.


Selain itu, para relawan yang berasal dari berbagai kecamatan tersebut diharapkan nantinya bisa memberikan pemahaman terhadap masyarakat terkait hal-hal yang menyangkut kebencanaan. “Potensi bencana ada di seluruh wilayah di Kabupaten Serang, sehingga masyarakat harus siap dengan setiap bencana yang terjadi,” katanya.(TANJUNG)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook