SK Pengunduran Diri Jaman Terbit Hari Ini

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 18 September 2018 - 14:28:49 WIB   |  dibaca: 303 kali
SK Pengunduran Diri Jaman Terbit Hari Ini

PERPISAHAN : ASN Pemkot Serang bersalaman dengan Walikota Tb Haerul Jaman dan Wakil Walikota Sulhi yang mundur dari jabatan karena menjadi caleg, Senin (17/9).

SERANG - Surat keputusan pengunduran diri Tb Haerul Jaman sebagai Walikota Serang dari kementerian dalam negeri (kemendagri) diperkirakan akan turun Selasa (18/9) ini. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memperkirakan informasi mengenai SK itu akan bisa diketahui pukul 14.00."Informasi dari provinsi, SK akan diketahui besok (hari ini) jam 2," kata Nanang, Senin (17/9).

Jaman diketahui mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI daerah pemilihan Banten II. Atas dasar itu maka Jaman diminta membuat surat pengunduran diri paling lambat satu hari sebelum penetapan daftar calon tetap (DCT).

DCT sendiri akan ditetapkan oleh KPU pada 20 September 2018. Selain Jaman, Sulhi yang merupakan Wakil Walikota Serang juga mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai caleg DPRD Provinsi Banten daerah pemilihan Kota Serang.

Nanang menyatakan bahwa ia yakin antara kemendagri dengan KPU RI telah membicarakan masalah penerbitan SK pengunduruan diri para pejabat yang ingin maju mencalonkan diri sebagai caleg.

Apalagi ini merupakan masalah nasional dan tidak hanya berkaitan dengan Kota Serang. Karena itu ia yakin kemendagri sudah mempersiapkan SK pengunduruan diri para kepala daerah atau pejabat yang nyaleg sebelum penetapan DCT. “Pak Wali sendiri mengajukan pengunduran dirinya tanggal 20 September,” ujarnya.

Nanang mengaku terus mamantau perkembangan mengenai SK pemberhentian walikota ini dengan berkoordinasi dengan Pemprov Banten. Sebab Pemprov Banten hampir setiap hari berkoodinasi dengan kemendagri di Jakarta untuk menanyakan progres SK pemberhentian walikota.

Pemprov Banten sendiri berkepentingan pada SK ini karena pemprov tidak akan bisa mengangkat Plh Walikota Serang sampai dengan pelantikan walikota dan wakil walikota terpilih nanti, bila SK kemendagri tentang pemberhentian walikota saat ini belum turun.“Pokoknya kita tunggu sajalah,” katanya.

Kepala Badan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang Yoyo Wicahyono mengatakan bahwa belum keluarnya SK dari kemendagri sampai dengan waktu mepet biasanya karena ada pertimbangan tertentu.

Meski demikian, menurutnya, masih ada waktu bagi kemendagri mengeluarkan SK sebelum 20 September. Ia pun percaya kemendagri telah memperhatikan masalah ini. Ia juga tidak ingin berandai-andai apakah nanti pada 20 September SK sudah diterbitkan satu paket.“Biasanya SK itu satu paket. Memberhentikan walikota dan menunjuk plt penggantinya,” katanya.

Mantan Staf Ahli Walikota Ipiyanto mengungkapkan bahwa lambatnya penerbitan SK pengunduran diri walikota oleh kemendagri jangan sampai merugikan calon anggota DPR yang sebenarnya sudah membuat surat pengunduran diri. Jangan sampai dengan telatnya SK tersebut pencalonan diri seseorang gugur. Padahal, kesalahan bukan dilakukan oleh calon melainkan oleh kemendagri sendiri. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook