Airin Minta MTQ Tak Hanya Acara Seremonial

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Selasa, 18 September 2018 - 15:02:50 WIB   |  dibaca: 231 kali
Airin Minta MTQ Tak Hanya Acara Seremonial

DIBUKA : Walikota Tangsel, Airin Rachmy Diani bersama Forkominda Tangsel melambaikan tangan kepada peserta pawai MTQ IX dan MTQ Pelajar V, Senin (17/9).

TANGSEL- Sebanyak 12 ribu peserta dari berbagai organisasi dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memeriahkan pawai Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-IX dan MTQ Pelajar Ke-V yang berlangsung di Jalan Siliwangi, Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel, Senin (17/9). Acara pawai tersebut dimeriahkan oleh Ondel-Ondel, Reog Ponorogo, polisi cilik, hingga marching band. Iring-iringan pawai dimulai pukul 08.30 sampai pukul 11.00 WIB.


Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany membuka pawai yang ditandai dengan iring-iringan mobil kepolisian dan piala MTQ yang dibawa oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Tangsel dengan mobil bak terbuka.


Airin berharap acara MTQ ini bisa berjalan dengan lancar. Dari kegiatan ini, kata Airin, diharapkan bisa mendapatkan juara-juara yang akan dibawa ke tingkat provinsi. "Jika pembinaan sudah baik, bibit-bibit sudah sangat baik. Mudah-mudahan bisa menang ditingkat Provinsi maupun Nasional. Harapan kita kegiatan ini tidak hanya sekadar seremonial dan mencari bibit saja, namun bagaimana melakukan syiar agama dan mengajak masyarakat untuk membaca Alquran," harapnya.


MTQ yang digelar di Kecamatan Pamulang itu berlangsung hingga 20 September.Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel, Muhamad mengatakan, MTQ ke IX tahun ini ada perubahan, seperti pelaksanaan MTQ tingkat kota, yakni untuk umum dan MTQ pelajar disatukan. Di pelaksanaan MTQ sebelumnya, yakni di Kecamatan Serpong, dilakukan secara terpisah.


“Untuk memastikan efesiensi maka dibarengkan saja. Untuk tahun ini pelaksanaan MTQ umum dan pelajar dijadikan satu, tidak terpisah seperti tahun sebelumnya. Supaya lebih efisiensi pembiayaan,” tutur Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tangsel ini.


Pawai taaruf dilaksanakan bersama-sama. Adapun untuk tempat pelaksanaan dalam MTQ tempatnya juga terpisah. “Kita ingin lebih memasyarakatkan MTQ, diharapkan MTQ tahun ini lebih meningkat kualitasnya sehingga gaungnya terlihat oleh masyarakat dan bermanfaat untuk warga masyarakat,” bebernya.


Ketua Harian LPTQ Kota Tangsel, Sobron Zayyan mengatakan, pelaksanaan MTQ reguler atau umum digelar di Pusat Pemerintahan Kecamatan Pamulang, dan MTQ pelajar di MTS Negeri 1 Pamulang.“Untuk pembukaannya digabung, namun setiap kontingen memiliki koordinator yang berbeda. Jadi tahun ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan wajib melibatkan pelajar SD dan SMP untuk MTQ Pelajar,” beber ia.


Sementara itu, Camat Pamulang, Deden Juardi, mengatakan, pawai ini dimeriahkan sebanyak 12 ribu peserta dari berbagai kalangan. "Untuk Kecamatan Pamulang sendiri melibatkan 3 ribu peserta, ini melibatkan berbagai unsur baik dari pendidikan, ormas, ibu-ibu PKK, karang taruna dan lainnya," singkatnya.(*/marjuki)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook