FKIP Unbaja, Beri Pembekalan Peserta PPLK

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Senin, 24 September 2018 - 15:12:51 WIB   |  dibaca: 303 kali
FKIP Unbaja, Beri Pembekalan Peserta PPLK

PEMBEKALAN : Suasana praktej pengenalan lapangan kependidikan (PPLK), kemarin.

SERANG - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Banten Jaya (Unbaja), memberikan pembekalan pada peserta Praktek Pengenalan Lapangan Kependidikan (PPLK) di Auditorium kampus 1 Universitas Banten Jaya,  Jalan Ciiwaru Raya II No. 73 Warung Pojok, Serang.

Ketua PPLK, Nely Hartika mengatakan, PPLK FKIP Unbaja kali ini mengusung tema ‘Membangun Profesionalisme Calon Guru yang Bermutu, Berinovasi dan Berbasisi Karakter’. Kegiatan ini diikuti oleh sekira 60 mahasiswa FKIP Unbaja, dan akan dilaksanakan mulai Tanggal 24 September 2018 sampai dengan tanggal 11 November 2018.


Pada kesempatan tersebut, Kaprodi FKIP Unbaja, Lina Marlina mengatakan, PPLK merupakan kewajiban mahasiswa FKIP Unbaja sebagai salah satu syarat menyelesaikan program Sarjana Pendidikan.


Diharapkan dengan kegiatan PPLK ini peserta dapat membentuk pribadi calon guru, yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan, nilai dan sikap yang diperlukan sebagai calon guru yang yang Bermutu, Berinovasi dan Berbasis Karakter.“Serta untuk dapat memperoleh pengalaman lapangan dan melatih mahasiswa mempraktekkan teori yang telah di pelajari di bangku kuliah,” katanya, kemarin.


Lina menjelaskasn, inti dari kegiatan PPLK ini adalah aktivitas observasi, analisis dan penghayatan langsung terhadap kegiatan terkait dengan kultur sekolah, manajemen sekolah, dan dinamika sekolah sebagai lembaga pengembang pendidikan dan pembelajaran.“Sehingga selama periode tersebut mahasiswa FKIP Unbaja, akan melaksanakan praktek dari mulai perencanaan, pelaksanaan KBM hingga evaluasi.

Pada akhir kegiatan PPLK setiap mahasiswa diwajibkan menyusun laporan,” ujarnya.“Dalam kegiatan ini juga setiap kelompok mahasiswa akan didampingi oleh satu orang dosen pembimbing. Adapun lokasi praktek mahasiswa FKIP Unbaja yang menjadi mitra sekolah adalah SMKN 3 Kota Serang, SMKN 7 Kota Serang, MA Darussalam Pipitan Kota Serang, MTs Darussalam Pipitan Kota Serang, Pompes Daar El-Istiqomah Kota  Serang,” sambungnya.


Di lokasi yang sama, salah seorang pemateri Hj. Cucu Supriatin memaparkan tentang tata cara mengajar, etika dalam pengajaran, serta hal-hal yang berkaitan dengan kurikulum dan penyusunan administrasi guru.“Perlunya seorang memiliki seni dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, hal ini diperlukan dalam menghadapi keberagaman karakter siswa,” kata Cucu yang juga menjabat Kepala Sekolah SMKN 3 Kota Serang. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook