DPK Banten Tebar Virus Membaca

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Selasa, 25 September 2018 - 15:45:51 WIB   |  dibaca: 356 kali
DPK Banten Tebar Virus Membaca

SEMINAR : Indra Hermayadi, Ketua Ikatan Perpustakan Indonesia Banten (dua dari kiri) saat menyampaikan materi dalam seminar kepada peserta, kemarin.

TANGERANG - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten melaksanakan kegiatan peningkatan minat baca siswa di SMKN 9, Kota Tangerang pada Sabtu (22/9). Kegiatan diikuti oleh 100 orang siswa, dengan narasumber Atih Ardiansyah (Anggota Dewan Perpustakaan/Dosen komunikasi UNMA), Rizal Fauzi (Jurnalis/Dosen) dan Indra Hermayadi (Ketua Ikatan Perpustakaan Indonnesia Banten).

Kegiatan ini bertujuan untuk memotifasi siswa agar gemar membaca serta meningkatkan kesadaran mereka tentang manfaat membaca. Disamping itu juga, kegiatan ini mencoba memberikan kesadaran kepada siswa tentang bagaimana menggunakan media sosial (internet) secara sehat dan kreatif.

Pada kesempatan ini, dilakukan diskusi tentang manfaat membaca untuk meningkatkan kapasistas diri sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing di masa depan (Indra Hermayadi). Sedangkan, Rizal Fauzi menyampaikan materi tentang bagaimana mengaktualisasikan ide dan gagasan kedalam bentuk tulisan secara kreatif dan Atih Ardiansyah atau lebih dikenal dengan nama pena Fatih Zam menyampaikan materi tentang bagaimana memanfaatkan media sosial secara kreatif dan sehat

"Di era digital seperti sekarang ini, siswa tidak cukup dibekali keterampilan membaca secara mekanistis, tapi harus lebih dari itu. Siswa mesti dibekali dengan kemampuan dan kecerdasan menanggapi dunia digital,” ujar Fatih Zam “Masyarakat dunia sedang hijrah ke dunia digital. Kepribadian, keperluan, jadwal bahkan kehidupan pribadi banyak dititipkan ke jejaring sosial," lanjut Fatih.

Di media sosial, ujarnya, ada banyak "jebakan" yang bisa membuat siswa melakukan hal-hal  kurang produktif. Untuk itu, Ia mengapresiasi DPK Banten yang memasukkan muatan literasi digital pada program peningkatan kegemaran membaca. Ia berharap, penguatan literasi digital mendapatkan porsi yang lebih besar karena realitanya siswa hidup di era digital.“Siswa memang harus dibekali kecakapan menghadapi era digital agar mereka bs mengoptimalkannya untuk kebaikan,” tegasnya

Kepala Perpustakaan SMKN 9 Kota Tangerang Dian Riviana mengaku senang dengan kedatangan Tim Perpusda Provinsi Banten yang telah memberikan kesempatan kepada para siswa di sekolahnya melalui kegiatan Talk Show Membangun Minat Membaca Di Era Digitalisai.

Kegiatan ini, lanjutnya, banyak memberikan informasi yang sangat berguna dan mengesankan kepada siswa-siswi yang mengikuti kegiatan tersebut. Apalagi kegiatan tersebut didukung dengan para pembicara yang andal dan kemasan acara yang asik dan ciamik sesuai kondisi kekinian generasi hari ini.“Kami berharap kegiatan ini akan memberikan suasana dan semangat baru bagi kegiatan berliterasi di sekolah kami dan berharap Perpusda Provinsi Banten mengundang kami kembali,” tutur Dian. (basyar)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook