Apdesi Minta Siltap Dinaikan

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 25 September 2018 - 15:48:08 WIB   |  dibaca: 234 kali
Apdesi Minta Siltap Dinaikan

MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA : Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa (kedua dari kiri) bersama pengurus Apdesi Kabupaten Serang menyanyikan lagu Indonesia Raya, Senin (24/9).

SERANG – Pengurus Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Serang menggelar rapat kerja cabang (Rakercab) I setelah satu tahun kepengurusan tersebut dikukuhkan. Dalam Rakercab itu, Pemkab Serang menekankan agar Apdesi dapat merumuskan program kerja (Proker) yang konstruktif untuk membangun desa dan memajukan Kabupaten Serang.


Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan,  Apdesi sebagai koordinator pemerintahan desa memiliki peran penting dalam memajukan desa. “Proker yang disusun hari ini (kemarin-red) itu harus mampu diimplementasikan oleh organisasi Apdesi dan oleh desa-desa yang ada di Kabupaten Serang,” kata Wabup usai membuka acara, di salah satu hotel di Kota Serang, Senin (24/9).


Ia juga mendorong dalam Rakercab I itu, pengurus Apdesi dapat memberikan masukan-masukan kepada Pemkab Serang terkait dengan persoalan-persoalan yang ada di desa. “Skill perangkat desa harus ditingkatkan lagi, karena masyarakat semakin hari semakin pintar dan semakin kritis. Oleh karena itu perlu penguatan SDM (sumber daya manusia) untuk menjawab tantangan dari masyarakat,” ujarnya.


Panji menegaskan, pihaknya akan melihat dan mempelajari proker yang dihasilkan dalam rakercab I Apdesi tersebut, apakah sudah sejalan dengan program yang ada di Pemkab Serang atau tidak. “Kita akan lihat apakah program yang disusun sudah sejalan semangatnya dalam membangun desa dan bisa diimplementasikan atau hanya sekedar tulisan yang justru nantinya tidak bisa impelmentasi,” tuturnya.


Ketua Dewan Pertimbangan Apdesi Kabupaten Serang Ade Hamid Bulkini mengatakan, Rakercab I digelar untuk mengevaluasi kinerja organisasi yang sudah berjalan satu tahun. “Program yang menjadi prioritas dalam Rakercab I ini bagaimana organisasi Apdesi dalam memfasilitasi kepala desa untuk bisa berkomunikasi dengan pemda, baik itu kabupaten maupun provinsi agar setiap aspirasi bisa tersampaikan,” katanya.


Sementara itu, Ketua Apdesi Kabupaten Serang Santibi menuturkan, pihaknya akan membuat rekomendasi kepada Pemprov Banten agar lebih memperhatikan pemerintahan desa. “Seharusnya sumber anggaran desa itu kan ada dari kabupaten, provinsi, dan pusat, tapi untuk dari provinsi yang belum ada. Kami minta agar siltap (penghasilan tetap) kepala desa pada 2019 bisa dinaikan,” ujarnya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook