Dirut PT PCM Bakal Dilelang

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 28 September 2018 - 11:53:53 WIB   |  dibaca: 257 kali
Dirut PT PCM Bakal Dilelang

CILEGON - Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon berencana melakukan seleksi terbuka atau open bidding untuk menentukan Direktur Utama (Dirut) PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM). Kekosongan Dirut PT PCM terjadi akibat mundurnya Zamhari Hamid sekitar tiga bulan lalu dan masih belum ada penggantinya.

Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, saat ini jabatan Dirut PT PCM masih kosong selepas pengunduran diri Zamhari Hamid. Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan merumuskan pengisian Dirut Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang kepelabuhanan tersebut.

"Rencana kami lelang terbukan, tapi bagaimana teknisnya untuk lelang itu BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan) Pak Mahmudin yang lebih tahu," kata Edi kepada Banten Raya ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon, Kamis (27/9).

Seleksi terbuka Dirut PT PCM, tambah Edi, dilakukan agar Dirut yang dihasilkan memunyai kompetensi dan merupakan sosok yang terbaik. Namun, pembahasannya belum mengarah secara teknis. Pihaknya sudah meminta kepada BKPP Kota Cilegon melakukan kajian untuk lelang terbuka Dirut BUMD tersebut. "Lelang terbuka dilakukan agar bisa berjalan dengan fair," tambahnya.


Hasil dari seleksi terbuka, lanjut Edi, diharapkan mampu menemukan pemimpin di PT PCM yang bisa membawa dampak posotif terhadap perkembangan pembangunan Pelabuhan Warnasari. Namun, Edi juga belum bisa memastikan waktunya untuk pelaksanaan lelang terbuka tersebut. "Kalau melalui lelang prosesnya kan terbuka, independen dan bebas KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme)," ucapnya.


Sementara itu, Komisaris Utama (PT) PCM Ratu Ati Marliati mengaku akan mengkaji terkait dengan rencana pelaksanaan seleksi terbuka untuk menentukan Dirut PT PCM. Menurutnya, juga ada skema lain untuk menentukan Dirut PT PCM. "Akan dipelajari dulu regulasinya untuk penentuan Dirut," akunya.


Diterangkan Ati, pihaknya belum melakukan rapat dengan direksi PT PCM terkait penentuan Dirut PT PCM. Menurutnya, penentuan Dirut PT PCM harus sesuai aturan. "Apakah mau penunjukan langsung atau lelang jabatan yang penting sesuai regulasi," terangnya.


Ati menambahkan, jika di internal PT PCM juga mumpuni untuk menjadi Dirut juga tidak masalah. Disinggung terkait sosok yang diinginkan PT PCM, Ati menginginkan yang kompeten di bidang kepelabuhanan. "Siapa-siapa saja yang jadi tentunya melalui mekanisme dan regulasi yang benar. Untuk sosoknya siapa-siapa itu nanti," tambahnya.


Ati mengatakan, posisi Dirut PT PCM saat ini memang harus segera diisi dan tidak dibiarkan kosong. Meskipun saat ini tanpa Dirut dan operasional perusahaan tetap berjalan, Ati mengaku jika sebuah perusahaan akan lebih maksimal lagi kinerjanya jika ada pemimpinnya. "Saat ini memang tanpa Dirut operasional tetap berjalan, tapi alangkah lebih baiknya segera diisi posisi Dirut," katanya. (gillang)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook