Cegah TKI Ilegal, Disnakertans Kendalikan PTKIS

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 28 September 2018 - 12:24:19 WIB   |  dibaca: 187 kali
Cegah TKI Ilegal, Disnakertans Kendalikan PTKIS

PEMBINAAN : Para pemilik PTKIS dari Banten, DKI Jakarta dan Bekasi menghadiri acara pembinaan yang dilakukan Disnakertrans Kabupaten Lebak di Gedung Tekad Waras Rangkasbitung, Kamis (27/9).

RANGKASBITUNG - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebak melakukan pengendalian terhadap 60 Penyalur Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PTKIS) dari wilayah Banten, Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta dan Bekasi, Jawa Barat melalui agenda pembinaan yang digelar di Aula Tekad Waras Rangkasbitung, Kamis (27/9). Hal itu dilakukan, sebagai langkah untuk mencegah keberadaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal asal Kabupaten Lebak.


Kepala Disnakertrans Kabupaten Lebak Maman SP mengatakan, pihaknya sengaja melakukan kemitraan dengan PTKIS dari tiga wilayah untuk mengantisipasi adanya tenaga kerja asal Lebak yang bekerja diluar negeri. "Mungkin saja saat ini ada warga Lebak yang menjadi TKI ilegal diluar negeri. Untuk itu, agar kedepan tidak ada lagi TKI ilegal, maka kami menggandeng puluhan PTKIS yang biasa memberangkatkan TKI keliar negeri," kata Maman kepada Banten Raya, kemarin.


Meski sudah melakukan kemitraan, tambah Maman, pihaknya harus tetap melakukan pengendalian kepada PTKIS. Hal itu dilakukan, agar dalam proses pemberangkatan TKI asal Lebak diketahui sebelumnya oleh Disnakertrans. "Misalnya, disaat akan melakukan pembuatan paspor bagi calon TKI asal Lebak, maka PTKIS harus membuat rekomendasi pembuatan paspornya terlebihdahulu dari Disnakertrans Lebak," tambahnya.


Mengingat sudah bermitra dengan PTKIS, tegas Maman, maka kepada masyarakat di Lebak yang mengetahui atau diiming-imingi menjadi TKI oleh para calo, maka harus segera melaporkannya kepada Disnakertrans. "Kami harap berhati-hati dengan calo TKI, karena bisa berdampak kurang baik bagi TKI," tegasnya.Pemilik PTKIS PT Erotama Jakarta Rohmat mengatakan, pihaknya siap menjalankan kemitraan dengan Disanakertran Lebak. (hudaya)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook