Gaji Dokter Spesialis Diusulkan Naik Rp 10 Juta

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 28 September 2018 - 12:38:41 WIB   |  dibaca: 1148 kali
Gaji Dokter Spesialis Diusulkan Naik Rp 10 Juta

MENYAPA : Bupati Pandeglang Irna Narulita menyapa Subhan (7), anak penderita tumor di bagian wajah Kampung Cinangka, Desa Majau, Kecamatan Saketi, di Pendopo Pandeglang, pekan lalu.

PANDEGLANG - Bupati Irna Narulita berjanji akan memberikan porsi anggaran cukup besar untuk kesejahteraan dokter spesialis yang bertugas di Kabupaten Pandeglang.
Irna menginginkan, pelayanan kesehatan masyarakat lebih optimal. "Gaji dokter akan kami naikkan.

Saya sudah tanyakan ke dr Firmansyah, Direktur RSU (Rumah Sakit Umum) Berkah, untuk anggaran dokter ditambah. Kami harus memberikan kesejahteraan mereka. Bidang kesehatan sangat dibutuhkan," ungkap Irna, ditemui di Pendopo Pandeglang, kemarin (27/9).


Irna mengaku banyak mendengar keluhan kesejahteraan dokter yang belum membaik. Bahkan, dari mereka ada yang mengundurkan diri akibat gaji yang diterima jauh berbeda dengan gaji di daerah lain. Ke depannya, lanjutnya, pemerintah daerah harus memberikan gaji yang sesuai. "Ada beberapa dari mereka memilih pindah ke daerah lain karena tawaran gaji yang lumayan. Seperti untuk dokter spesialis jantung saja gak mau datang ke sini (Pandeglang-red). Spesialis-spesialis seperti jantung, syaraf itu minimal (gajinya) Rp 25 juta dan kami harus siapkan itu," terangnya.


Irna menyebutkan, langkah dinaikkannya gaji dokter untuk mendatangkan dokter spesialis agar bisa bertugas di Pandeglang. Sebab, saat ini di RSU Berkah masih minim dokter spesialis. Ada puluhan dokter spesialis yang saat ini sangat dibutuhkan. "Ada 7 dokter spesialis harus kami hadirkan, diantaranya dokter spesialis kulit, kelamin, ahli jiwa, syaraf, jantung, dan bedah. Banyaklah nama-nama dokter spesialis yang disampaikan kepada saya," katanya.


Menurutnya, dokter spesialis sangat dibutuhkan untuk mendukung rumah sakit dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Belum lagi kata Irna, jika akreditasi RSU Berkah Pandeglang sudah naik kelas, Pemkab harus memiliki dokter spesialis. "Ya, kalau rumah sakit sudah naik kelas dari C ke B, otomatis kita harus punya dokter spesialis. Tenaga mereka dibutuhkan masyarakat dan pelayanan pun bisa lebih optimal," ujarnya.


Direktur RSU Berkah Pandeglang, Firmansyah menyebutkan, sudah menindaklanjuti permintaan Bupati Irna Narulita untuk menambah gaji dokter spesialis. Meski sebelumnya, sudah diberikan kenaikan. "Sudah kita usulkan ke ibu bupati, mudah-mudahan bisa disetujui. Sebetulnya, tahun ini sudah kita naikkan yang tadinya Rp 5 juta menjadi Rp 6,5 juta. Saya berharap tahun depan naik lagi menjadi Rp 10 juta," terangnya.


Menurutnya, penambahan anggaran untuk gaji dokter spesialis belum bisa dipastikan karena harus dilakukan pembahasan. Meski begitu, katanya, gaji mereka harus ditambah karena untuk menghadirkan dokter spesialis sangat sulit. "Kenaikan gaji mereka kembali lagi kepada kemampuan anggaran pemerintah daerah. Nantinya akan dibahas oleh ibu bupati dan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah). Semoga saja disetujui, kita sangat membutuhkan dokter spesialis," harapnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook