Ciptakan Prodak Halal, UIN Gandeng BPJPH

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 28 September 2018 - 13:26:37 WIB   |  dibaca: 182 kali
Ciptakan Prodak Halal, UIN Gandeng BPJPH

SEPAKAT : Suasana nota kesepahaman yang dilakukan oleh civitas UIN Banten dengan BPJPH, kemarin.

SERANG – Rektor UIN SHM Banten Fauzul Iman menandatangani nota kesepahaman dengan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Sukoso. Nota kesepahaman tersebut berisi tentang kesepakatan untuk melaksanakan kerjasama antara BPJPH dengan UIN SMH Banten dalam bidang Jaminan Produk Halal dan Pengembangan Kelembagaan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).


Sukoso Kepala BPJPH menyampaikan pentingnya perguruan tinggi menyambut industri halal terutama dalam memberikan dukungan SDM dan pemeriksaan kehalalan produk. Sukoso menegaskan bahwa halal bukan hanya untuk muslim, tapi untuk manusia.


Bagi dosen, lanjut Sukoso, halal bisa menjadi bahan kajian penelitian, sedangkan bagi mahasiswa dapat menjadi bagian dari pengabdian masyarakat. Menurut Sukoso, kebijakan halal ini merupakan komitmen politik berupa lahirnya UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang JPH.“UIN Banten bisa membangun halal foodcourt di masyarakat. Untuk itu mari kita laksanakan dan jaga bersama,” kata Sukoso.


Di lokasi yang sama, Rektor UIN SMH Banten Fauzul Iman dalam sambutannya mengatakan produk halal sangat penting untuk UIN Banten. Karenanya Indonesia harus berjuang agar Indonesia bisa mengembangkan produk halal.


Sementara Srawut Aree direktur muslim studi center Chulalongkorn university mengatakan, potensi pasar halal dunia mencapai 1.4 triliun dolar untuk memenuhi kebutuhan populasi muslim dunia yang mencapai 1.8 milyar.“Di kawasan Asia Selatan saja populasi muslim mencapai lebih dari 700 juta muslim. Saya mengajak hadirin untuk menjadikan halal untuk semua hal atau halal for all concept,” ajaknya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook