Empat Desa Adu Prestasi

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Senin, 01 Oktober 2018 - 11:53:18 WIB   |  dibaca: 49 kali
Empat Desa Adu Prestasi

BERSAING : Kabid Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lebak Firman Arif Hidayat (kedua dari kanan) foto bersama kepala desa di Hotel Yasmin, Tangerang, Minggu (30/9).

RANGKASBITUNG - Sebanyak empat desa di Kabupaten Lebak beradu prestasi di kegiatan lomba desa tingkat Provinsi Banten 2018. Keempat desa tersebut yakni Desa Warungbanten, Kecamatan Cibeber, Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Desa Cigoong Selatan, Kecamatan Cikulur dan Desa Mekarmanik, Kecamatan Bojongmanik.


"Lomba desa terbaik difasilitasi P3MD (Pendamping Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) Provinsi Banten. Dari Kabupaten mengutus sebanyak empat desa terbaik dari yang terbaik," kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lebak Firman Arif Hidayat, Minggu (30/9).


Menurut Firman, lomba tersebut diikuti oleh empat kabupaten, terdiri dari Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang. "Masing-masing kabupaten mengirim desa terbaiknya. Untuk Lebak diwakili Desa Cigoong Selatan, Cipanas, Mekarmanik dan Warungbanten," tuturnya.


Dijelaskan Firman, keempat desa akan bersaing dengan desa lainnya memperebutkan gelar juara yang terbagi dalam empat kategori, yaitu terbaik sebagai Desa prakarsa dan inovatif, pelayanan informasi dan transparansi publik, prioritas penggunaan dana desa dan padat karya tunai serta terbaik dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. "Selain mengirim empat desa terbaik. Kita mengirim tiga orang pendamping desa," jelasnya.


Diterangkan Firman, ketiga orang tersebut terdiri dari satu orang Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Cijaku Maman Supriatna, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Cibeber Asep Saepudin dan Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) Kecamatan Cilograng Setyo Pujianto.

"Selain ajang kompetisi kegiatan tersebut menjadi sarana menambah wawasan, pengetahuan dan jejaring antar kepala desa se Banten. Oleh karenanya kami menyambut baik dan berharap lomba desa yang menjadi program Kementerian desa terus berlanjut tidak hanya berhenti tahun ini," terangnya.


Kepala Desa Warungbanten Ruhandi mengatakan, kegiatan lomba desa bukan sekedar lomba demi meraih penghargaan. "Tapi ini memberikan hal berharga bagi saya. Untuk bisa belajar dari desa lain sehingga semakin memperkuay desa dan terus berinovasi dalam pengelolaan desa," katanya. (purnama)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook