Perkuat Program Pendidikan Karakter

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Senin, 01 Oktober 2018 - 12:29:53 WIB   |  dibaca: 276 kali
Perkuat Program Pendidikan Karakter

FUTSAL : Salah satu tim Futsal SMA Negeri 1 Jawilan foto bersama usai pertandingan dalam Liga Kepala Sekolah, kemarin.

SERANG - Wakil Kepala SMAN 1 Jawilan Bidang Kesiswaan Aliyudin mengatakan, sekolahnya memiliki program penguatan pendidikan karakter. Salah satu yang dilakukan adalah meningkatkan harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetis), olah pikir (literasi) dan olah raga (kinestetik).“Karena, SMAN 1 Jawilan tidak terpisahkan dari program peningkatan mutu pendidikan dalam mempersiapkan generasi hebat yang mampu hidup mandiri dan berdaya saing,” kata Aliyudin, kemarin.


Ia menjelaskan, selain itu pihak sekolah juga menekankan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakulikuler yang sesuai dengan moto sekolah yakni mewujudkan sekolah berkarakter, aman tanpa kekerasan berbasis kewirausahaan.“Adapun jenis kegiatan adalah, lomba sekolah sehat, lomba liga futsal dan pendidikan, pelatihan kepemimpinan, pemilu OSIS, pekan seni dan bazaar,” ungkapnya.


Di lokasi yang sama, Pembina OSIS Mahfud mengatakan, Liga Futsal merupakan empat kegiatan unggulan kepengurusan OSIS periode 2018 semester I tahun pelajaran 2018, dengan tujuan menggali potensi minat bakat siswa bidang olahraga khususnya futsal.“Generasi kedepan yang disebut generasi milenial wajib hukumnya memiliki kreatifitas pada berbagai bidang,” ujarnya.


Ia mengatakan, SMAN 1 Jawilan dibawah kepemimpinan Bapak H Rustomi Effendi sangat membuka ruang untuk peserta didiknya menunjukkan kreatifitas dan inovasinya, dengan konsep pembinaan kewirausahaan.


Konsep kewirausahaan yang dilakukan, lanjutnya, memberikan kebebasan kepada peserta didiknya untuk menjadikan hobi yang tidak memiliki nilai jual, menjadi memiliki nilai ekonomis.
“Alhamdulillah dengan konsep tersebut anak-anak SMAN 1 Jawilan menjadikan kegiatan ekstrakurikuler sebuah kebutuhan,” ujarnya.


Ketua OSIS SMAN 1 Jawilan Yusuf berharap Liga Futsal selain menggali potensi minat bakat, memupuk sportifitas, juga anak-anak diberikan pengalaman bagaimana mengelola sebuah even kegiatan dengan baik dan tanggung jawab.“Kedepan setelah lulus dan ada di tengah-tengah masyarakat dengan memiliki jiwa entrepreneur dapat menjadi even organisation yang professional, seperti baru-baru ini Asean Games,” ungkapnya. (basyar)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook