Empat Desa Berprestasi Dilombakan

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Senin, 01 Oktober 2018 - 12:37:05 WIB   |  dibaca: 338 kali
Empat Desa Berprestasi Dilombakan

BERSAING : Kepala Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka Ojat Darojat memaparkan kondisi desanya di Pemprov Banten, belum lama ini.

SERANG – Empat desa berprestasi di Kabupaten Serang dilombakan di tingkat Provinsi Banten bersama dengan desa-desa dari kabupaten lain. Selanjutnya, desa yang terpilih akan dilombakan di tingkat nasional. Keempat desa dimaksud yakni Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka; Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal; Desa Pasirbuyut, Kecamatan Jawilan; dan Desa Sidamukti, Kecamatan Padarincang.


Untuk Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka dilombakan untuk kategori pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, Desa Pasirbuyut, Kecamatan Jawilan untuk kategori keterbukaan informasi, kemudian Desa Sidamukti, Kecamatan Padarincang untuk kategori tata kelola administrasi, Sedangkan untuk Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal untuk kategori inovasi desa.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Abdullah mengatakan, desa-desa yang dilombakan di tingkat provinsi merupakan hasil seleksi yang dilakukan Pemkab Serang. “Desa-desa yang dilombakan itu merupakan desa yang dinilai sudah bagus. Selain itu, empat desa tersebut telah memiliki BUMDes (badan usaha milik desa),” ujar Abdullah, Minggu (30/9).


Ia berharap, desa yang dilombakan tersebut selain bisa meningkatkan pelayanan dan pembangunannya, juga bisa menjadi percontohan bagi desa-desa lain yang ada di Kabupaten Serang. “Yang dinilai sesuai kategorinya masing-masing. Para kepala desa nya mempresentasikan kondisi perkembangan desanya. Nanti dari empat desa itu diseleksi lagi, yang terpilih akan dilombakan di tingkat nasional,” ungkapnya.


Terpisah, Kepala Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka Ojat Darojat mengatakan, seleksi di tingkat provinsi telah selesai dilakukan. Namun demikian ia optimis desanya menjadi wakil Kabupaten Serang di tingkat nasional. “Seleksi tingkat provinsinya sudah. Mudah-mudahan Desa Cikolelet lolos. Saya sudah disuruh mempersiapkan berkas dan dokumen untuk diserahkan ke Kemendes (Kementerian Desa),” ujarnya.


Ia menuturkan, setelah lulus di tingkat provinsi, Desa Cikolelet bersama empat desa dari Kabupeten Lebak, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Tangerang akan dikirim ke tingkat nasional. “Jadi nanti masing-masing kabupaten mewakili untuk satu kategori. Alhamdulillah untuk Desa Cikolelet kita sudah melakukan upaya untuk melakukan pembangunan dan memberdayakan masyarakat. Untuk wisata Cibaja saja kita sudah bisa merekrut 30 pengelola,” katanya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook