26 Arsiparis Ikut Uji Kompetensi

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Kamis, 04 Oktober 2018 - 15:40:42 WIB   |  dibaca: 676 kali
26 Arsiparis Ikut Uji Kompetensi

DPK : Dua mahasiswa nampak mendatangi gedung Dinas Perpustakan dan Kearsipan (DPK) Banten, kemarin.

SERANG – Untuk meningkatkan mutu arsiparis di lingkungan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Banten, dan menjalankan amanat Peraturan Menpan RB mengenai jabatan profesi harus memiliki sertifikasi keahlian, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Banten bersama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANDRI) menggelar uji kompetensi arsiparis.


Epi Fahrurozi arsiparis DPK Banten mengatakan, kegiatan ini salah stau upaya DPK Banten untuk meningkatkan kompetensi para arsiparis yang dimiliki oleh Pemprov Banten. Karena, arsiparis harus memiliki sertifikasi keahlian.


“Ada empat kompetensi keahlian bagi arsiparis, yaitu kompetensi keahlian pengelolaan arsip dinamis, pengelolaan arsip statis, kompetensi pembinaan kearsipan, dan terakhir adalah pengelolaan dan penyajian arsip menjadi informasi,” kata Epi kepada Banten Raya, kemarin.


Ia mengaku, uji kompetensi yang baru dilakukan oleh DPK Banten adalah kompetensi pertama yaitu pengelolaan arsip dinamis. Seorang arsiparis, kata Epi, boleh hanya memiliki satu kompetensi.“Namun tidak dilarang bagi arsiparis untuk memiliki keempat kompetensi tersebut. Karena, untuk mendapatkan sertifikasi ini tidak mudah,” ungkapnya.


Agar uji kompetensi lebih bermutu, lanjut Epil, pihaknya melibatkan ANDRI yang memang lembaga resmi yang berhak melakukan uji kompetensi bagi para arsiparis yang berada di Indonesia.“ANDRI sendiri tiap tahun mengadakan uji kompetensi, namun tiap provinsi hanya dijatah tiga orang. Kalau DPK Banten yang mengadakan, maka kuotanya lebih banyak,” ujarnya.


Kendati demikian, sambung Epi, ke 26 peserta tersebut belum tentu lulus uji kompetensi. Jika peserta tidak lulus, maka peserta harus mengulang mengikuti uji kompetensi tersebut. Karena, tidak ada nilai perbaikan.


“Ujian sendiri melalui tiga tahapan, yaitu ujian tertulis, praktik dan wawancara. Peserta akan mendapatkan tiga katagori penilaian baik, sedang dan baik sekali. Sedangkan hasil uji kompetensi akan diumumkan paling cepat dua pecan setelah uji kompetensi selesai dilaksanakan,” imbuhnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook