Kampung KB Tulip Jadi Rujukan Pembelajaran

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 05 Oktober 2018 - 11:00:35 WIB   |  dibaca: 378 kali
Kampung KB Tulip Jadi Rujukan Pembelajaran

FOTO BERSAMA : Pengurus Kampung KB Kelurahan Cikerai dan Tegal Bunder Foto di depan Rumah Data, Kamis (4/10).

CILEGON – Rumah data yang berada di Kampung Keluarga Berencana (KB) Tulip di Lingkungan Pasir Angin, Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber ternyata menjadi rujukan kampung KB lainnya di Kota Cilegon. Hal itu terjadi, karena rumah data dinilai lengkap dan baik secara adminitrasi.


Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Cibeber Yessi Yunita Hermawan mengatakan, dalam rumah data tersebut ada data kepesertaan KB dan data program KB lainnya secara lengkap, sehingga pada saat ini Kampung KB Kelurahan Tegal Bnder, Kecamatan Purwakarta. "Yah pengurus Kampung KB yang ada di Kelurahan Tegal Bunder datang untuk belajar, terutama soal adminitrasi yang ada di rumah data," katanya kepada Banten Raya, Kamis (4/10).


Yessi menjelaskan, hebatnya Kampung KB Tulip adalah karena adanya peran serta masyarakat yang aktif dalam setiap kegiatan KB, terutama partisipasi untuk ber-KB. Hal tersebut menjadi syarat jika kampung KB ingin hebat dan mendapatkan prestasi, termasuk juga soal adminitrasinya. "Pada awalnya juga sama jika di sini keikutsertaan KB masih rendah. Namun karena masyarakatnya mau berpartisipasi mka sedikit demi sedikit mengalami peningkatan," jelasnya.


Yessi mengungkapkan, Kampung KB Tulip tersebut sudah mendapatkan prestasi menjadi juara III tingkat nasional dan belum lama juga mewakili Kota Cilegon dalam lomba penilaian Kampung KB tingkat nasional. "Semua prestasi tersebut adalah berkat peran serta dari seluruh pihak, jadi intinya dalah kebersamaan dan mau bekerja secara bersama," ungkapnya.


Sementara itu, Lurah Tegal Bunder Suedi menuturkan, kekagumannya terhadap Kampung KB di Kelurahan Cikerai. Sebab, secara adminitrasi dan juga peran serta masyarakat sangat baik. Untuk itu, Kempung KB di Kelurahan Tegal Bunder harus banyak belajar untuk bisa menjadi lebih baik. "Kalau sempurna itu tidak ada yang bisa. Namun, ini sudah sangat baik. Untuk itu, kami mengadakan kunjungan agar bisa banyak belajar, sehingga Kampung KB yang ada di kami bisa juga seperti ini," tuturnya.

Suedi mengatakan, selain berkunjung ke Kampung KB di Kelurahan Cikerai, Ia bersama dengan rombongan PKK dan Kampung KB juga akan berencana berkunjung melihat Kampung KB yang ada di luar kota. Hal tersebut agar TP PKK bisa belajar dan menyerap berbagai infomasi. "Intinya kami sedang ingin belajar terus, sehingga Kampung KB yang ada di tempat kami bisa menjadi lebih baik," katanya. (uri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook