PJU Tenaga Surya Diuji Coba

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 05 Oktober 2018 - 11:31:17 WIB   |  dibaca: 227 kali
PJU Tenaga Surya Diuji Coba

LEBIH EFISIEN : Seorang ASN melihat keberadaan PJU tenaga surya yang sedang diujicoba di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebak, Kamis (4/10).

RANGKASBITUNG - Penarangan Jalan Umum (PJU) dengan kekuatan listrik tenaga surya mulai diuji coba Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak, Kamis (4/10). PJU bertenaga surya itu ramah lingkungan dengan biaya operasional yang tergolong episien. Mengingat baru uji coba, maka PJU tenaga surya tersebut baru dipasang dilingkungan halaman kantor DLH Kabupaten Lebak.


Kepala DLH Kabupaten Lebak Nana Sunjana mengatakan, harga PJU tenaga surya per-unit hanya Rp 1,7 juta dan bisa digunakan selamanya tanpa harus mengeluarkam biaya pembayaran listrik bulanan.

PJU bertenaga surya juga sangat ramah lingkungan dan pemasangannya terbilang praktis. "Kualitas PJU tenga surya tidak kalah terang dengan PJU yang menggunakan tenaga listrik dari PT PLN (Perusahaan Listrik Negara). Maka dari itu, lingkungan halaman kantor kami (DLH-red) pada malam hari sangat terang oleh PJU tenaga surya," kata Nana kepada Banten Raya, kemarin.


Mengingat keberadaan PJU tenaga surya itu sangat mampu menghemat biaya dan ramah lingkungan, tambah Nana, maka kedepan pihaknya akan mencoba mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak untuk dipasang disejumlah titik di Rangkasbitung.

Bila kekuatannya sangat tahan lama, maka bisa diusulkan untuk digunakan diseluruh lokasi di Kabupaten Lebak. "PJU tenaga surya yang kami pasang di halaman kantor DLH Lebak, belum begitu lama. Namun, bila kekuatannya terbilang tahan lama, maka PJU tenaga surya ini akan bermanfaat sekali bagi penerangan pada malam hari di Lebak," tambahnya.


Sekretaris DLH Kabupaten Lebak Ade Kurnia mengatakan, pemeliharaan PJU tenaga surya tergolong mudah, mengingat diemater tiangnya tidak terlalu besar dengan ketinggian tidak seperti PJU milik PT PLN pada umumnya. "Saya menilai, PJU tenaga surya ini sangat bagus bila penggunannya dikembangkan agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi," katanya. (hudaya)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook