KPU Buka Posko Pengaduan DPT

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 09 Oktober 2018 - 14:14:30 WIB   |  dibaca: 82 kali
KPU Buka Posko Pengaduan DPT

POSKO : Spanduk Gerakan Melindungi Hak Pilih terpasang di depan kantor KPU Kabupaten Lebak sebagai bentuk upaya untuk melindungi hak pemilik, Senin (8/10).

RANGKASBITUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak membuka posko pelayanan pengaduan warga yang belum terdaftar di Data Pemilih Tetap (DPT). Hal itu dilakukan sebagai langkah untuk memastikan tidak pemilih yang tertinggal pada Pemilu 2019.


Anggota KPU Kabupaten Lebak Apipi Albantani mengatakan, bagi masyarakat yang namanya tidak terdaftar atau tercantum dalam DPT, maka diperilahkan untuk menyampaikannya ke Posko Pelayanan DPT. "Saat ini sudah di buka di tingkat PPS (Panitia Pemungutan Suara), PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan KPU," kata Apipi, kemarin.


Menurut Apipi, posko pelayanan beroperasi mulai 1 hingga 28 Oktober 2018. "Kita siap melayani pengaduan, baik di tingkat desa, kecamatan maupun KPU. Maka minta bantu karena memang sudah menjadi tugas untuk melindungi hak pemilih," tuturnya.


Apipi menjelaskan, KPU tidak hanya membuka posko pengaduan tetapi juga melakukan pencermatan Data Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP). Pencermatan dilakukan selama 60 hari sebagai upaya melindungi hak pilih. "KPU juga melaksanakan kegiatan gerakan melindungi hak pilih (GMHP)," jelasnya.


Apipi menerangkan, GMHP merupakan sebuah gerakan yang diisi kegiatan berupa sosialisasi. Dengan sasaran mengajak warga belum terdapat tentang DPT segera mendatangi pos pengaduan terdekat. "Gerakan ini juga sebagai tindak lanjut menyikapi rekomendasi Partai Politik dan Bawaslu atas dugaan banyaknya pemilih ganda. Sehingga kita lakukan perbaikan dengan menghapus data ganda dan juga yang anomali," terangnya.


Ketua KPU Kabupaten Lebak Ahmad Saparudin mengatakan, melakukan pengecekan DPT bisa diakses melalui smartphone. "Untuk aplikasi android bisa didownload. Melalui aplikasi tersebut kita bisa ngecek langsung apakah seseorang ada di DPT apa belum," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook