Ratusan Warga Buka Jalan Baru

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 09 Oktober 2018 - 14:16:50 WIB   |  dibaca: 81 kali
 Ratusan Warga Buka Jalan Baru

BUKAN JALAN : Ratusan warga Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten, bergotong-royong untuk membuka akses jalan baru sepanjang 3 kilometer, Senin (8/10).

CIRINTEN - Sebanyak 140 warga Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten bahu-membahu bergotong-royong membuka akses jalan baru sepanjang 3 kilometer. Akses tersebut menghubungkan warga Desa Cibarani dengan Desa Karangnunggal, Kecamatan Cirinten.

"Kegiatan gotong-royong sudah lama dilakukan. Hari ini (Kemarin-red) diikuti sedikitan hanya sebanyak 140 warga dari biasanya sekitar 300 hingga 500 orang," kata Kepala Desa Cibarani Dulhani kepada Banten Raya, Senin (8/10).


Dulhani menjelaskan, gotong-royong dilakukan karena memang warga memiliki keinginan adanya akses jalan penghubung ke Desa Karangnunggal, kurang lebih memiliki panjang tiga kilometer. "Tidak hanya jalan setapak tetapi jalan bisa dilewati kendaraan. Kini impian warga perlahan mulai terlihat setelah bahu-membahu dengan peralatan seadanya melakukan pencetakan akses jalan baru yang tadinya memiliki lebar 1,5 meter menjadi empat meter," jelasnya.


Dulhani berharap, hasil kerja keras warganya mendapatkan perhatian dari pemerintah karena sumber anggaran desa terbatas. Sementara ini anggara desa yang ada dialokasikan membangun sarana dan prasarana lingkungan permukiman warga, akses jalan dan termasuk jembatan. "Sebesar Rp 170 juta kita bangunkan jembatan penghubung ke Desa Karangnungal sepanjang 10 meter dan lebar 3 meter. Kini jembatan sudah selesai tinggal akses jalannya masih menjadi pekerjaan rumah karena masih berupa tanah," ucapnya.


Dulhani optimis, proses pengerjaan membuka jalan terusan menuju desa tetangga bisa diselesaikan warganya. "Tidak hanya warga yang ikut bekerja tetapi juga empat orang Anggota Koramil ikut membantu menyemangati warga. Apalagi kalau sampai di bantu anggaran dari pemerintah maka proses pengerjaan bisa lebih cepat karena akan dikerjakan menggunakan alat berat," ungkapnya.


Haerudin (28), warga Desa Cibarani berharap, akses jalan poros desa bisa secepatnya dibangun. "Kalau jalannya sudah bisa dilintasi mobil kan enak. Untuk mobilisasi angkutan hasil pertanian jadi lebih mudah," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook