Tanto: Maksimalkan Serapan Anggaran

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Selasa, 09 Oktober 2018 - 14:22:35 WIB   |  dibaca: 32 kali
Tanto: Maksimalkan Serapan Anggaran

RAKOR: Wakil Bupati Tanto Arban (kanan) memimpin rakor bersama pimpinan OPD, kemarin.

PANDEGLANG- Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono mengintruksikan agar penyerapan anggaran di semua OPD maksimal, khususnya dalam pengadaan barang dan jasa. Soalnya, kata Wabup, saat ini sudah masuk akhir tahun anggaran 2018.


"Sekarang sudah masuk semester akhir anggaran 2018. Saya harap pelaksanaan kegiatan pembangunan dapat dilaksanakan maksimal, khususnya untuk kontruksi," kata Wabup Tanto saat rakor bersama OPD di Oproom Setda, kemarin.


Selain itu, kata Tanto, OPD yang mengelola program bantuan keuangan (bankeu), penyerapannya harus maksimal karena akan berdampak pada bankeu tahun berikutnya. "Jika ada kendala, sampaikan kepada kami apa yang menjadi kendala, nanti kita akan cari solusinya. Karena apabila bankeu tidak terserap, tahun yang akan datang tentu akan ada pengurangan," tegasnya.


Menurutnya, maksimalnya penyerapan anggaran penting lantaran di tiga tahun berjalan kepemimpinannya bersama Bupati Irna, pelaksanaan pemerintahan semakin membaik, walau pun masih ada yang perlu dibenahi. "Ini tentu  bukan kita yang nilai, namun oleh masyarakat dan dari penghargaan yang kita terima. Namun kita jangan hanya berbangga diri, ini bagian dari proses untuk lari dari predikat daerah tertinggal sehingga Pandeglang dapat bersaing dengan daerah lain, " jelasnya.


Asisten bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Pemkab Pandeglang Indah Dinarsiani mengatakan, bidang pengadaan barang dan jasa jumlah proyek yang dilelangkan sebanyak 237 peket. Dari jumlah tersebut, kata Indah, 222 telah selesai.


"Hingga saat ini yang tersisa ada 1 penunjukan langsung, 1 sedang tayang di LPSE dan  9 gagal lelang, dan yang sedang dikaji oleh pokja ada 4 kegiatan. Untuk bankeu 59 peket, 56 selesai, tinggal sisa 3, sedangkan 1 sedang proses tender, dan 2 sisanya akan tender ulang," kata Indah.


Berdasarkan data dari portal LKPP, realisasi keuangan Pemkab Pandeglang hingga bulan Oktober 2018 baru mencapai 49,61 persen. Progres pembangunan fisik 37,32 persen dan pekerjaan yang sudah diserahterimakan di bawah 10 persen. (muhaemin)


 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook