600 SMK Swasta Akan Dapat Dana Bosda

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Selasa, 09 Oktober 2018 - 14:44:35 WIB   |  dibaca: 164 kali
600 SMK Swasta Akan Dapat Dana Bosda

SYARAT : Kepala SMK swasta se-Banten berdesakan menyerahkan persyaratan untuk mendapatkan dana BOS daerah di Dindikbud Banten, kemarin.

SERANG – Sebanyak 600 SMK swasta di Banten akan segera mendapatkan penyaluran bantuan operasional sekolah daerah (Bosda). Dana tersebut diperuntukan sebagai dana operasional sekolah dan honor bagi pegawai sekolah.


Sekretaris Dindikbud Banten Joko Waluyo mengatakan, pencairan Bosda untuk honor dan operasional sekolah dilakukan tiap bulannya. Sedangkan untuk pengadaan barang dan jasa pertiga bulan sekali.“Sebelumnya pada bulan September kemanrin, kami juga sudah mencairkan dana bantaun operasional sekolah dari Pemerintah Pusat,” kata Joko kepada Banten Raya di ruang kerjanya, kemarin.


Senada disampaikan Rohaitul Jannah Kasi Kesiswaan SMK pada Dindikbud Banten mengatakan, sebanyak 600 SMK swasta se-Banten akan segera mendapatkan bantuan Bosda. Namun, pencairan akan dilakukan jika sekolah yang bersangkutan memenuhi sejumlah persyaratan.


Ia menjelaskan, persyaratan yang dimaksud adalah proposal pencairan, laporan pertanggungjawaban tahap pertama, melapirkkan rekening yang sudah dilegalisir bank pada tahap pertama.“Kemudian fakta integritas terkait penggunaan dana Bosda, dan legalisir keterangan operasional dari Kantor Cabang Dinas (KCD),” ujar Rohaitul menjelaskan.


Masih kata Ihat, sapaan akrabnya, jika persyaratan tidak terpenuhi maka pihak sekolah tidak akan mendapatkan dana Bosda, sedangkan jika sudah terpenuhi dalam waktu satu pekan dana Bosda tersebut akan masuk ke rekening sekolah.“Kami hanya memfasilitasi persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak sekolah, sedangkan proses pencairannya sendiri dari rekening daerah ke rekening sekolah,” ungkapnya.


Peruntukan dana Bosda untuk SMK swasta ini, lanjut Ihat, untuk honor pengelola sekolah dalam hal ini guru, pegawai sekolah dan kepala sekolah jika belum tercover dalam BOS Nasional. “Kemudian dana Bosda ini juga untuk operasional sekolah, untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan kegiatan sekolah lainnya,” ungkapnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook