Tes CPNS Akan Gunakan Komputer UNBK

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Selasa, 09 Oktober 2018 - 14:47:10 WIB   |  dibaca: 273 kali
Tes CPNS Akan Gunakan Komputer UNBK

UJIAN KOMPUTER : Sejumlah pegawai nampak serius mengisi tes computer assisted test (CAT), belum lama ini.

SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten akan mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang akan menggunakan fasilitas ujian berbasis computer (UNBK) untuk tes perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dukungan tersebut disampaikan Gubernur Banten Wahidin Halim.


Ia mengatakan, kebijakan pemerintah pusat tentunya harus didukung oleh Pemeirntah Daerah selama sesuai dengan aturan dan prosedur. Artinya, pihak Kemendikbud harus melayangkan surat kepada Gubernur Banten terkait penggunaan fasilitas milik Pemerintah Daerah tersebut.“Silakan layangkan surat kepada saya, dan nanti akan saya kaji surat permohonan tersebut,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim, kemarin.


Terpisah, Kepala Dindikbud Banten E. Kosasi Samanhudi mengaku belum mendapatkan arahan dan surat dari Kemendikbud terkait peminjaman fasilitas tersebut. Kendati demikian, Kosasih mengatakan akan meminta persetujuan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten untuk menjawab surat tersebut.“Saya punya pimpinan, tentunya saya menunggu arahan Pak Gubernur dan Wakil Gubernur untuk meminjamkan komputer UNBK untuk keperluan tes CPNS,” katanya.


Senada disampaikan Sekretaris Dindikbud Banten Joko Waluyo yang mengaku sudah mendapatkan informasi tersebut dari Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, yang akan meminjam computer UNBK untuk tes CPNS.“Saya sudah dapat kabar dari Kepala BKD, namun saya belum mendapatkan surat dari Kemendikbud, dan arahan dari pimpinan secara resmi,” katanya.


Kendati demikian, Joko mengaku akan mendukung program yang dari Kemendikbud. Bahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan inventarisisr jumlah computer UNBK yang dimiliki oleh Dinidkbud Banten.“Jika sudah ada surat resminya enak, saya tinggal menghitung berapa jumlah kompuetr UNBK yang ada, dan di sekolah mana saja. Kemudian, dilihat kebutuhannya berapa,” ungkapnya.


Perlu diketahui, sistem ujian pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 dilakukan dengan berbasis komputer atau computer assisted test (CAT). Pada seleksi CAT ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memanfaatkan sistem ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Sekolah-sekolah penyelenggara UNBK akan menjadi tempat uji seleksi CPNS sehingga memudahkan dan meringankan beban peserta, khususnya pembiayaan terkait transportasi.(satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook