Hutan Kota Diusulkan Pakai PJU Tenaga Surya

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Rabu, 10 Oktober 2018 - 11:39:55 WIB   |  dibaca: 38 kali
Hutan Kota Diusulkan Pakai PJU Tenaga Surya

HUTAN KOTA : Lokasi hutan kota di Pasir Ona, Rangkasbitung yang direncanakan oleh DLH Lebak untuk disediakan PJU tenaga surya, Selasa (9/10).

RANGKASBITUNG - Penerangan Jalan Umum (PJU) yang menggunakan tenaga surya telah diuji coba kulitasnya oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebak dan akan terus dikembangkan. Bahkan, hutan kota yang merupakan tempat bermain masyarakat yang berada di Pasir Ona, Kecamatan Rangkasbitung rencananya akan menggunakan PJU tenaga surya.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak Nana Sunjana mengatakan, pihaknya memiliki rencana untuk mamasang PJU tenaga surya di lingkungan hutan kota yang merupakan tempat bermain keluarga atau para remaja.

Agar rencana itu bisa terealisasi, pihaknya akan berusaha mengusulkan anggarannya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak. "Selain untuk lingkungan hutan kota, kami juga ingin lingkungan kantor kami (DLH-red) dipasangi PJU tenaga surya, karena sekarang ini baru dibagian halaman kantor kami saja yang memiliki PJU tenaga surya," kata Nana kepada Banten Raya, kemarin.


Menurut Nana, jika dihitung dari harga satuan per-unit PJU tenaga surya hanya sekitar Rp 1,7 juta. "Harga per-unit-nya tergolong murah. Selain itu, tidak perlu membayar tagihan listrik perbulannya ke PLN (Perusahan Listrik Negara)," tuturnya.


Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Lebak Yanto mengatakan, bila benar efisien dan kualitasnya bagus mengapa tidak diusulkan pula untuk PJU dipermukiman penduduk atau di jalan-jalan raya yang dianggap rawan kecelakaan. "Bagi kami, bila hal yang positif dan efisien serta berkualitas tidak ada salahnya bila dicoba. Begitu pula PJU tenaga surya, kenapa tidak kita coba untuk dikembangkan bila hasilnya memuaskan," kata Yanto. (hudaya)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook