Bedol Pamarayan Bakal Jadi Lebaran Warga

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 10 Oktober 2018 - 12:41:58 WIB   |  dibaca: 215 kali
Bedol Pamarayan Bakal Jadi Lebaran Warga

SIAP DIGELAR : Petugas memasang tenda untuk kegiatan Bedol Pamarayan, Selasa (9/10).

SERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan menggelar kembali Bedol Pamarayan sebagai bagian dari rangkaian hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Serang ke-492. Kegiatan Bedol Pamarayan akan dirangkaikan dengan kegiatan lain mulai 11 sampai 14 Oktober. Sedangkan sejumlah warga Kecamatan Pamarayan yang tinggal di luar daerah akan pulang kampung untuk merayakan bedolan tersebut.


Kasi Promosi Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang Marisca Theresia mengatakan, Bedol Pamarayan sudah siap digelar karena persiapan sudah mau mencapai 100 persen. “Insya Allah bedolan sudah siap digelar. Untuk teknis di lapangan kita sudah koordinasi dengan Balai Besar, terus kita sudah koordinasi dengan PDAM Lebak di hulunya,” kata Marisca, Selasa (9/10).


Selain itu, pihak panitia juga sudah berkoordinasi dengan Bidang Sumber Daya Air (SDA) dan Bidang Irigasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk melakukan sosialiasi kepada masyarakat yang biasa beraktivitas di bagian hilir Bendung Pamarayan. “Masyarakat yang ada di hilir sudah tahu semua dengan rencana bedolan ini. Untuk ikan sudah disebar sebanyak 150 ribu oleh orang perikanan,” ujarnya.


Dalam kegiatan tersebut, Pemkab Serang juga menyiapkan stand untuk kegiatan pameran inovasi daerah, pameran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan produk-produk unggulan kecamatan. “Stand yang di indoor jumlahnya 97, untuk dinas 40 karena ada yang mengambil dua, untuk kecamatan 29, dan untuk UMKM 28. Kemudian ada juga yang untuk di luar atau di outdoor,” tuturnya.


Perempuan yang akrab disapa Ica itu mengungkapkan, sejumlah warga Pamarayan dan Cikeusal yang bekerja di luar daerah seperti di Palembang, Lampung dan beberapa daerah lainnya sudah siap untuk meramaikan acara Bedol Pamarayan. “Jadi warga yang berada di luar daerah pada mau pulang, karena menuru mereka Bedol Pamarayan itu sudah seperti lebaran bagi masyarakat Pamarayan dan Cikeusal,” tuturnya.


Adapun untuk kegiatan Bedol Pamarayan akan digelar pada Sabtu 13 Oktober, namun sebelum itu diadakan sejumlah kegiatan pentas seni dan seperti wayang golek dan diakhiri dengan acara ubrug. “Kita sudah koordinasi dengan dishub, anggota kepolisian, dan Satpol PP untuk mengatur peserta bedolan agar tidak menumpuk di Jembatan Pamarayan khawatir terjadi overload, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook