Buat Kampung Bebas Asap Rokok

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 11 Oktober 2018 - 11:11:22 WIB   |  dibaca: 112 kali
Buat Kampung Bebas Asap Rokok

BEBAS ROKOK : Sejumlah warga yang berada di RT 06/06, Lingkungan BPI tengah menyambut kunjungan Kemenkes di Kampung Bebas Asap Rokok, kemarin.

Dalam upayanya meningkatkan pola hidup sehat masyarakat, warga di Lingkungan Bumi Panggung Rawi Indah (BPI), Rukun Tangga (RT) 06/06, membuat konsep kampung atau kawasan rumah bebas asap rokok.

Selain kampung atau kawasan bebas asap rokok, kampung tersebut juga menjadi kampung lingkungan bersih, asri dan indah. Dimana, terdapat banyak gambar lukisan, penghijauan dan segala yang ramah terhadap lingkungan.

Lurah Panggungrawi Muhriji mengatakan, konsep kampung bebas rokok tersebut adalah konsep yang diinisiasi langsung oleh warga. Tujuannya, untuk meningkatkan pola hidup sehat masyarakatnya, sehingga masyarakat bebas terhadap asap rokok. Kampung tersebut juga disulap menjadi kampung ramah lingkungan.

"Kami tentu mengapresiasi apa yang dilakukan oleh warga dalam menciptakan kampung bebas rokok ini. Kami berharap dengan adanya kampung ini maka warga menjadi sehat, lingkungan juga indah dan nyaman untuk warga sendiri," katanya kepada Banten Raya, Rabu (10/10).

Muhriji menambahkan, asap rokok bukan saja berbahaya untuk si perokok, namun efeknya juga dirasakan oleh perokok pasif atau orang yang tidak merokok yang terkena imbas karena ikut menghisap asap rokok.

"Bukan lagi imbauan tapi peringatan sudah diberikan oleh pemerintah soal bahaya asap rokok. Kami ingin anak-anak dan ibu-ibu yang menjadi korban asap rokok bisa bebas menghirup udara yang sehat," tambahnya.

Muhriji menjelaskan, kedepan bukan hanya satu kampung saja yang melakukan konsep kampung bebas rokok, namun kampung lainnya juga ikut serta mengkampanyekan bebas asap rokok dan lingkungan yang indah dan bersih.


"Memang mesti dilakukan secara perlahan dan tentu dituntut kesadaran kolektif warga untuk bisa menerapkan konsep ini, pelan tapi pasti kami harap akan bisa diperluas kekampung-kampung yang lain," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (kasi) Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial Kelurahan Panggungrawi Titin Hukotin menegaskan, bukan hanya di Lingkungan BPI saja ada konsep pemberdayaan kampung, sebelumnya ada salah satu kampung yang juga menjadi kampung Tanaman Jenis Obat (Toga).

"Sebelumnya da kampung Toga, dimana warganya diajak juga untuk melakukan pola hidup sehat dengan menanam tanaman obat disetiap pekarangan rumah, sekarang ada kampung kawasan bebasa rokok dan kampung ramah lingkungan," tegasnya.

Titin berharap, dengan adanya beberapa konsep kampung tersebut semua warga secara perlahan bisa sadar untuk melakukan swadaya bersama dalam meningkatkan berbagai kualitas kehidupan di lingkungannya.

 "Kemarin kampung ini sudah didatangi oleh perwakilan Kemenkes (Kementerian Kesehatan), sambutannya sangat positif. Nanti juga akan ada dari FKS (Forum Kota Cehat) yang akan meninjau lokasinya," kata Titin. (uri)   

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook