Proyek DPUPR Dinilai Banyak Melenceng

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Kamis, 11 Oktober 2018 - 12:22:25 WIB   |  dibaca: 86 kali
Proyek DPUPR Dinilai Banyak Melenceng

DIPANTAU : Kepala DPUPR Pandeglang, Girgi Jantoro mengecek progres kontrol pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur Bidang Bina Marga, Rabu (10/10).

PANDEGLANG - Sejumlah program kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pandeglang dinilai belum sesuai harapan masyarakat. Pasalnya, program kegiatan pembangunan yang dilaksanakan sering kali melenceng dari usulan yang disampaikan kecamatan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).


Kasi Pembangunan Kecamatan Majasari, Mahmud mengatakan, program DPUPR Pandeglang tidak sinkron dengan usulan pembangunan yang disampaikan kecamatannya melalui musrenbang. "Kadang-kadang ada program yang tidak sesuai. Di sini banyak proyek siluman," keluh Mahmud, ditemui di kantornya, kemarin.


Ia mencontohkan, proyek pembangunan Jalan Ciekek-Kadomas yang sudah beberapa kali diusulkan dalam musrenbang agar menjadi prioritas utama. "Tapi kenyataannya belum ada perbaikan," tegasnya.


Camat Majasari, Neneng Nuraeni mengatakan hal yang sama. Menurutnya, program pembangunan yang dilaksanakan dinas terkait sering kali tidak mengakomodir usulan yang disampaikan dalam musrenbang di kecamatan.


Ia menyebutkan, ada beberapa pembangunan yang sudah usulkan. Namun, hingga saat ini tidak adanya tindaklanjut. "Ada yang sesuai, tapi kebanyakan yang tidak sesuai. Tiba-tiba yang tidak diusulkan dibangun, yang kita usulkan belum dibangun-bangun," katanya.


Sementara itu, Kepala DPUPR Pandeglang, Girgi Jantoro mengklaim, tidak masuknya program pembangunan yang diajukan kecamatan dalam musrenbang karena keterbatasan anggaran. "Tergantung ketersedian anggaran, tidak semua progam kecamatan bisa kita akomodir karena keterbatasan fiskal anggaran kita sangat terbatas," kilahnya.


Menurut dia, semua progam kerja yang dilaksanakan dinasnya sudah sesuai usulan pembangunan yang disampaikan kecamatan. "Tidak pernah ada program yang beda. Kalau kita mah semua hasil musrenbang selalu tercatat, kita juga punya program perencanaan dari awal. Memang kadang-kadang ada program usulan dari dewan juga tidak hanya dari kecamatan saja," katanya.


Girgi memastikan, jalan Ciekek-Kadomas akan dibangun tahun depan sesuai usulan yang disampaikan kecamatan. Pembangunan jalan tersebut sudah dimasukkan dalam perencanaan. "Sudah kita masukkan diperencanaan, mudah-mudahan tahun 2019 bisa kita bangun," imbuhnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook