Angkut Puluhan Kendaraan, KMP Mitra Nusantara Kandas

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 12 Oktober 2018 - 11:15:18 WIB   |  dibaca: 444 kali
Angkut Puluhan Kendaraan, KMP Mitra Nusantara Kandas

SELAMAT : KMP Mitra Nusantara yang kandas di Perairan Pantai Mabak, Kecamatan Pulomerak, Kamis (11/10). Seluruh penumpang dinyatakan selamat.

CILEGON - Kapal Motor Penumpang (KMP) Mitra Nusantara milik PT Prima Eksekutif kandas di Perairan Merak, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Kamis (11/10) sekitar pukul 15.00 WIB. Kapal bermuatan 27 kendaraan tersebut terkatung-katung sekitar tiga jam lebih sampai bisa dievakuasi ke Dermaga II Pelabuhan Penyeberangan Merak.


Berdasarkan informasi yang dihimpun Banten Raya, KMP Mitra Nusantara hendak menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung dari Dermaga VI Pelabuhan Merak, Kamis (11/10) sekitar pukul 15.00 WIB. Saat kapal mencoba keluar dari Dermaga VI Pelabuhan Merak, tiba-tiba kapal terbawa angin dan arus bawah laut yang kencang. Sehingga, kapal kandas ke bibir Pantai di sekitar Pantai Mabak, Kecamatan Pulomerak.
 
Kru KMP Mitra Nusantara Adit mengatakan, kapal baru saja lepas tambang di Dermaga VI Pelabuhan Merak. Namun, saat kapal mundur dan akan melaju ke arah Bakauheni, kapal terhempas ke Pantai Mabak. "Kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB baru dievakuasi setelah mau maghrib," kata Adit kepada Banten Raya, kemarin.

Didalam kapal, lanjut Adit, terdapat puluhan penumpang dan puluhan kendaraan. "Penumpang selamat semua. Sekitar 3 jam lebih nunggu ditarik pakai tugboat," ucapnya.
Kepala Cabang PT Mitra Eksekutif Achmad Riyanto mengatakan, penyebab kapal kandas diduga lantaran faktor alam. Ia menyangkal jika kapal kandas diakibatkan oleh kondisi kapal yang kurang baik. "Kapal kandas karena angin dan arus bawah laut. Bukan karena mati mesin," katanya.


Riyanto menjelaskan, setelah kapal kandas, mesin lalu dimatikan untuk mengindari kerusakan pada komponen baling-baling kapal. Pada saat kapal kandas, kru kapal juga mengumumkan kepada penumpang agar tetap tenang. "Evakuasi yang cukup lama karena nunggu kapal tugboat yang menarik buat evakuasi dari PT Pelindo," jelasnya.

Setelah berhasil ditarik oleh tugboat, tambah Riyanto, KMP Mitra Nusantara disandarkan kembali ke Dermaga II Pelabuhan Merak yang saat itu kebetulan sedang tidak ada kapal yang bersandar. Kendaraan serta penumpang kapal dialihkan ke KMP Duta Banten di Dermaga III Pelabuhan Merak. "Setelah dievakuasi, muatan kapal yang berisi 27 kendaraan dibongkar lalu dialihkan ke KMP Duta Banten. Seluruh penumpang selamat," tambahnya.


Riyanto menegaskan, dalam KMP Mitra Nusantara tersebut berisi 27 kendaraan yang terdiri dari enam kendaraan roda dua dan 21 kendaraan roda empat atau lebih. Jumlah orang di dalam kapal tersebut sekitar 50 orang. "Itu kapal bawa muatan kendaraan saja tidak ada penumpang pejalan kaki. Orang yang ada di kapal yang sopir truk dan kendaraan lainnya," tegasnya.


Diterangkan Riyanto, KMP Mitra Nusantara tidak bisa melanjutkan perjalan ke Pelabuhan Bakauheni. Kapal milik perusahaannya tersebut akan menjalani pengecekan fisik dan perbaikan pada bagian yang kandas. "Nanti operasi setelah perbaikan, akan kita cek dulu akibat kandas ada kerusakan atau tidak. Kami juga berkoordinasi dengan KSOP (Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan) dalam pengecekan kapal ini," terangnya. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook