Penerima PKH Dibekali Pengelolaan Keuangan

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 12 Oktober 2018 - 11:47:49 WIB   |  dibaca: 96 kali
Penerima PKH Dibekali Pengelolaan Keuangan

PELATIHAN : Suasana pertemuan Forum Development Session (FDS) yang digelar Dinas Sosial (Dinsos) Pendeglang, kemarin.

PANDEGLANG – Ratusan penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dari lima kecamatan antusias mengikuti Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Forum Development Session (FDS) yang digelar Dinas Sosial (Dinsos) Pandeglang di Kantor PGRI Sukaresmi, Kamis (11/10).

Kelima kecamatan ini adalah Kecamatan Sukaresmi, Panimbang, Sobang, Pagelaran, dan Angsana. Mereka diajarkan dan dibekali tentang pentingnya pendidikan dan kesehatan, pengelolaan keuangan keluarga, cara mengasuh anak, dan lainnya.


Kepala Dinsos Pandeglang, Tati Suwagiharti mengatakan, P2K2 dilaksanakan rutin oleh pendamping PKH. “Ini merupakan proses belajar peserta atau sasaran PKH berupa pemberian dan pembahasan informasi praktis di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan kesejahteraan keluarga dalam hal perlindungan anak yang disampaikan melalui pertemuan kelompok bulanan. FDS dicanangkan Kementerian Sosial dengan bekerja sama dengan World Bank dan di Pandeglang FDS rutin dilakukan,” beber Tati, kemarin.


Kata Tati, materi yang disampaikan antara lain pengetahuan praktis mengenai pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan kesejahteraan keluarga. Meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat, menjaga dan memperkuat perubahan perilaku positif terkait pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kesejateraan keluarga serta meningkatkan keterampilan orangtua dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kesejahteraan keluarga. “Dari serangkaian kegiatan FDS kami melihat antusiasme peserta. Ini menandakan adanya keinginan peserta untuk berubah lebih sejahtera,” jelasnya.


Ditanya jumlah warga penerima PKH, Tati Suwagiharti mengatakan, jumlah penerima manfaat PKH di Kabupaten Pandeglang sebanyak 70.519. “Hampir seluruh warga miskin terkafer PKH. Kami harapkan program ini optimal dalam rangka memutus rantai kemiskinan sehingga masyarakat Pandeglang ke depan sejahtera,” harapnya.


Di tempat yang sama, Wakil Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Sukaresmi, Ma'mun, mengapresiasi kegiatan ini. Katanya, penerima manfaat bisa dapat informasi tentang program dan manfaat bantuan pemerintah.


"Materi-materi yang diterima peserta sangat menunjang peningkatan pengetahuan dan manajemen keluarga. Ini sangat sesuai dengan harapan pemerintah dan tentunya kami sebagai penanggungjawab dalam bidang pendidikan di daerah," kata Ma'mun.


Komarudin, salah satu perwakilan Komunitas Limasakti menilai P2K2 cukup bagus dan bentuk tanggungjawab dinsos dalam menyukseskan program. "Limasakti yang merupakan forum bersama antara komunitas dan OPD mendukung upaya apapun yang berkaitan dengan transparansi. Limasakti ingin ada peningkatan mutu pelayanan publik dimana Dinsos cukup proaktif," kata Komarudin. (muhaemin)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook