Dindikbud Kirim Bantuan untuk Korban Bencana Sulteng

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 12 Oktober 2018 - 11:57:35 WIB   |  dibaca: 44 kali
Dindikbud Kirim Bantuan untuk Korban Bencana Sulteng

PEDULI SULTENG: Dosen UIN Banten Hs Suhaedi (kedua kiri) memberikan hasil penggalangan dana untuk korban gempa dan tsunami di Sulteng kepada Rektor UIN Banten Fauzul Iman (paling kanan), Kamis (11/10).

SERANG- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang menggalang dana untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Dindikbud berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 145 juta, dan langsung ditransfer ke salah satu lembaga penyalur bantuan gempa Sulteng, Kamis (11/10).


Kepala Dindikbud Kota Serang Akhmad Zubaidillah mengatakan, bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulteng sengaja berbentuk uang. Dikarenakan, jika pengumpulan bantuan berbentuk barang akan memakan waktu yang tidak sebentar. “Sedangkan penggalangan dana hanya cukup memakan waktu beberapa hari saja,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya.


Ia menjelaskan, dana yang terkumpul itu berasal dari para pegawai struktural, mulai dari dirinya sebagai pejabat eselon II, pejabat eselon III, pejabat eselon IV, dan staf pelaksana. Selain itu, tenaga fungsional dindikbud dan UPT di setiap kecamatan juga ikut berpartisipasi. “Ada juga partisipasi dari para siswa. Tapi sifatnya tidak mewajibkan. Hanya sukarela,” kata Zubaidillah.


Bentuk kepedulian keluarga besar Dindikbud Kota Serang tidak hanya  untuk para korban di Sulteng saja. Sebelumnya, Dindikbud Kota Serang juga mengumpulkan bantuan berupa barang untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pengumpulan bantuan tersebut memakan waku tiga pekan, dan terkumpul seperti dari kompor, magic com, peralatan sekolah, peralatan tulis, baby kit, hingga berbagai jenis sandang. “Bantuan ini sudah dikirim Senin (8/10) kemarin melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Serang yang banyaknya mencapai dua truk dan sepuluh mobil bak terbuka,” ujarnya.


Zubaidillah menjelaskan, penggalangan bantuan itu dilakukan untuk memberikan keteladanan kepada para generasi muda, termasuk para siswa yang berada di bawah naungan Dindikbud Kota Serang.


Terpisah, penggalangan juga dilakukan pihak kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten (SMHB) untuk korban gempa dan tsunami di Sulteng.“Kegiatan penggalangan dana ini kegiatan spontanitas, dikarenakan saya mempunyai empati, lalu diperkuat oleh Pak Rektor dan juga pihak Kementrian Agama (Kemenag) meminta unit-unit di Kemenag termasuk didalamnya UIN Banten untuk peduli sesama,” kata Dosen UIN Banten Hs Suhaedi.


Ia menjelaskan, penggalangan dilakukan selama sepekan, dan terkumpul Rp 73,5 juta. “Dana tersebut saya serahkan ke Pak Rektor untuk diteruskan ke pihak tanggap darurat kementrian. Ini mungkin sangat kecil, jika dibandingkan dengan kebutuhan mereka. Namum meski kecil, semoga bisa bermanfaat,” ungkapnya. (basyar)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook