APK Yang Ditertibkan Bisa Diambil Kembali

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 12 Oktober 2018 - 12:16:48 WIB   |  dibaca: 86 kali
APK Yang Ditertibkan Bisa Diambil Kembali

PENERTIBAN : Anggota Satpol PP Kota Serang menertibkan APK yang melanggar SK KPU di sekitaran exit tol Serang Timur, Kota Serang, Kamis (11/10).

SERANG- Petugas Satuan Polisi Pamong Praja dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kemarin mulai bergerak menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang melanggar ketentuan sesuai surat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang tentang titik pemasangan APK. APK yang ditertibkan dapat diambil kembali oleh parpol atau calon anggota legislatif (caleg) yang bersangkutan.


Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian pada Satpol PP Kota Serang Saeful Anwar mengatakan, selain ketentuan dari SK KPU, penertiban APK ini juga dalam rangka penegakan perda (peraturan daerah) Kota Serang nomor 10 tahun 2010 tentang ketertiban kebersihan dan keindahan. “Tentunya ini juga ikut membantu Bawaslu,” katanya.


Ia menjelaskan, penertiban APK dimulai pukul 08.00. Jumlah personel satpol PP dibagi empat tim. Adapun titik kordinatnya dilokasikan di kantor Satpol PP Kota Serang, Jalan Ahmad Yani. “Kita tim yang menertibkan dari jalan Ahmad Yani (titik kordinat) sampai tugu selamat datang di Jalan Serang-Jakarta,” tutur Saeful.


Saeful menjelaskan, setelah ditertibkan APK tersebut akan diamankan di kantor Satpol PP Kota Serang. APK itu bisa diambil lagi oleh pemiliknya. “Silahkan kepada pemilik APK yang merasa APK-nya sudah ditertibkan untuk diambil di kantor. Namun, untuk sementara APK kita amankan terlebih dahulu sambil menunggu keputusan dari Bawaslu,” ujarnya.


Di tempat yang sama, Anggota Bawaslu Kota Serang Makmun Murod berjanji akan fokusnya menertibkan APK pada Kamis-Jumat (11/12/10). “Jika Jumat tidak selesai juga, kita akan lanjutkan di hari Seninnya (15/10),” ungkapnya.


Ia mengatakan, APK yang melanggar di Kota Serang ini kurang lebih ada 150. Pada hari ini timnya sudah menertibkan APK sebanyak 15 APK berukuran sedang dan 7 APK berukuran besar. “Yang paling banyak ditertibkan APK dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), kemudian Partai Demokrat dan Partai Berkarya,” ucapnya.


Bawaslu Kota Serang, kata Makmun mengaku masih memberikan toleransi kepada pemilik APK yang ingin mengambilnya. “APK yang sudah ditertibkan bisa diambil kembali, yang penting jangan dipasang di tempat dimana tidak diperbolehkan untuk pemasangan APK sesuai dengan SK KPU yang sudah disepakati dan disosialisasikan,” katanya. (basyar)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook