Satu Dasarwarsa, BKI UIN Terus Tingkatkan Mutu

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 12 Oktober 2018 - 12:33:16 WIB   |  dibaca: 472 kali
Satu Dasarwarsa, BKI UIN Terus Tingkatkan Mutu

SEMINAR : Pembicara, panitia, dan peserta seminar foto bersama usai mengikuti seminar memperingati dies natalis jurusan BKI, kemarin.

SERANG – Menginjak satu dasawarsa, Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) Universitas Islam Negeri (UIN) SMH Banten terus meningkatkan mutunya. Hal itu diungkapkan Ahmad Fadhil salah seorang dosen Jurusan BKI Fakultas Ushuludin, Dakwah dan Adab UIN SMH Banten.


Menurutnya, saat ini Jurusan BKI memiliki akreditasi B. Tentunya akreditasi tersebut akan terus ditingkatkan hingga BKI mendapatkan akreditasi A, sehingga BKI UIN Banten bisa menciptakan lulusan yang lebih bermutu.“Saya juga mengajak kepada kawan-kawan dosen dan mahasiswa, untuk meningkatkan penelitian dan mengikuti sejumlah kegiatan ilmiah,” kata Fadhil kepada Banten Raya di ruang kerjanya, kemarin.


Dalam memperingati Dies natalis yang ke 10, lanjut Fadhil, Jurusan BKI memiliki sejumlah rangkaian kegiatan yang dirangkum dalam dua hari, diantaranya adalah pengukuhan pengurus baru Ikatan Alumni BKI, bedah buku hasil karya mahasiswa jurusan BKI semester VI dan IV.“Kebetulan di BKI ada kreatif writing, yaitu mata kuliah yang mengajarkan mahasiswanya untuk mampu menulis opini. Bahkan, mahasiswa yang mampu menulis opini di media local akan mendapatkan nilai A,” ungkapnya.


Kata Fadhil, tahun ini sebanyak 20 mahasiswa Jurusan BKI UIN SMH Banten berhasil menulis opini di media local. Mereka akan mendapatkan nilai A. Bahkan, hasil karya mereka dibukukan oleh lembaga.“Selain itu, kami juga memiliki kegiatan symposium yang mendatangkan para alumni untuk berbagi cerita pengalaman pascah lulus, dan terakhir adalah penyerahan aword bagi dosen dan mahasiswa berprestasi,” ujarnya.


Dalam kesempatan itu, Fadhil berharap Jurusan BKI yang memiliki orientasi profesi langsung bersentuhan dengan masyarakat, maka lulusan dituntut untuk mampu menjadi konseling bagi lembaga non pendidikan.“Penyerapan PNS bagi Jurusan BKI masih kecil dan lulusan BKI lebih banyak menjadi guru BK, meskipun dari segi keilmuan dan kemampuan lulusan BKI bisa

menjadi guru. Namun belum sesuai dengan misi Jurusan BKI,” katanya.“Satu sisi profesi konselor bagi lapas dan rumah sakit masih minim. Harapannya mudah-mudahan alumni semakin banyak, formasi PNS untuk lulusan BKI akan lebih banyak,” harapnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook