Fisik dan Mental Digembleng, Makan dan Minum Diatur

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Senin, 15 Oktober 2018 - 16:28:16 WIB   |  dibaca: 183 kali
Fisik dan Mental Digembleng, Makan dan Minum Diatur

DISIPLIN : Komisioner KPU Kabupaten Serang mempraktekan ilmu survival dengan memegang ular, Sabtu (13/10).

SERANG - Sebagai institusi yang memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) melakukan pengawasan dan menerima aduan, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dituntut untuk dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat.

Bawaslu Kabupaten Serang mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang diselenggarakan Bawaslu Provinsi Banten bekerjasama dengan Grup 1 Kopassus selama tiga hari (12-14/10). Kegiatan dilakukan untuk peningkatan kapasitas dan wawasan kebangsaan kepada para komisioner Bawaslu tersebut.


Selama mengikuti kegiatan, para komisioner tinggal di barak dan tidak diperbolehkan memegang handphone. Tidak hanya itu, waktu yang diberikan kepada para peserta untuk makan, mandi, shalat serta aktivitas yang lainnya juga cukup ketat. Jika ada yang telat para peserta tersebut harus siap dengan konsekuensi yang diberikan instruktur.


“Kegiatannya untuk meningkatkan kapasitas sama wawasan kebangsaan berkiatan dengan kedisiplinan, terus komitmen dan segi-segi mental positif lainnya,” kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Serang Abdurohman, Minggu (14/10).


Diberikannya pendidikan mental tersebut karena menjadi komisioner Bawaslu diperlukan mental yang kuat terutama berkaitan dengan pengambilan keputusan. “Kita dituntut bagaimana caranya mengatasi situasi yang sulit sehingga kita bisa mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Loyalitas dan keberanian kita juga diuji,” ujarnya.


Pria yang akrab dipanggil Oman itu menuturkan, kegiatan tersebut sangat berkesan karena tidak hanya diberikan materi namun juga diberi pelatihan baris berbaris dan kegiatan outbond. “Kita juga diajari materi survival. Jadi semua materi yang disampaikan sejalan dengan tugas-tugas kami sebagai pengawas pemilu,” paparnya.(TANJUNG)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook