Penanggulangan HIV/AIDS Bakal Dibuatkan Perda

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:34:10 WIB   |  dibaca: 156 kali
Penanggulangan HIV/AIDS Bakal Dibuatkan Perda

CARI INSPIRASI : Komisi II DPRD Kabupaten Serang tiba di Kota Bogor, Senin (15/10).

SERANG – Komisi II DPRD Kabupaten Serang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Bogor terkait dengan penanggulangan dan penanganan human immunodeficiency virus (HIV) dan acquired immuno deficiency syndrome (AIDS). Belajar dari kota tersebut, Komisi II berencana menyusun rancangan peraturan daerah (raperda) terkait dengan penanggulangan HIV/AIDS.


Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Serang Fahmi Hakim mengatakan, penanggulangan HIV/AIDS di Kota Bogor sudah cukup bagus dengan adanya peraturan daerah (perda) yang mengatur soal penanggulangan dan penanganan HIV/AIDS. “Di sini (Bogor-red) sudah ada regulasinya terkait penanggulangan HIV/AIDS. Di dalam regulasi itu ada pemeriksaan bagi mereka yang akan menikah,” kata Fahmi, Senin (15/10).


Selain itu, melalui perda yang dimiliki, Pemkot Bogor gencar melakukan sosialisasi terkait bahaya HIV/AIDS ke setiap instansi terutama di sekolah-sekolah mulai dari tingkat SLTP sampai ke perguruan tinggi. “Untuk pencegahannya, pemda di sini gencar melakukan sosialisasi selain juga melakukan penanganan yang dilakukan oleh dokter. Jadi antara pencegahan dan penanganan sudah sejalan,” ujarnya.


Dengan adanya perda tersebut, lanjut Fahmi, dampaknya cukup siginfikan terhadap penurunan jumlah penderita HIV/AIDS yang ada di Kota Bogor. “Orang yang terkena HIV/AIDS tidak diajuhi, tapi mereka malah didekati untuk diberi pengobatan. Saya kira komisi II akan segera membuat inisiatif untuk membuat regulasi terkait penanggulangan HIV/AIDS ini. Insya Allah di 2019 kita usulkan,” tuturnya.


Wakil Ketua Komisi II Heri Azhari menambahkan, dengan adanya perda tentang penanggulangan HIV/AIDS tersebut kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mengalami peningkatan. “Kenapa di Kota Bogor ini orang yang mau menikah diperiksa dulu, karena khawatir salah satu diantara pasangan tersebut sudah ada yang terkena HIV/AIDS yang akhirnya akan menular melalui hubungan badan,” katanya. (tanjung)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook