Kinerja PPTK Kramatwatu Diperkuat

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:36:52 WIB   |  dibaca: 158 kali
Kinerja PPTK Kramatwatu Diperkuat

CARI INOVASI : Kasubag Keuangan Program dan Perencanaan Kecamatan Kramatwatu Eeng Kosasih mengikuti bimbingan diklatpim, belum lama ini.

SERANG – Pemerintah Kecamatan Kramatwatu akan mengoptimalkan peran dan kinerja pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK). Pasalnya, PPTK di kecamatan tersebut belum dapat memahami tugasnya dengan baik. Sehingga serapan belanja langsung Kecamatan Kramatwatu hanya terealisasi 29,74 persen sesuai data yang ada di sistem informasi manajemen perencanaan, penganggaran, dan pelaporan (Simral) 2018.


Kasubag Keuangan Program dan Perencanaan Kecamatan Kramatwatu Eeng Kosasih mengatakan, PPTK sebagai aparatur sipil negara (ASN) harus mampu melaksanakan tata kelola pemerintahan dengan baik. Namun dalam implementasinya jauh dari yang diharapkan. “Itu terjadi karena terdapat ASN yang kurang memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) nya,” kata Eeng, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/10).


Selain itu, PPTK di Kecamatan Kramatwatu belum memahami proses pengajuan kegiatan belanja langsung dikarenakan belum adanya standar operasional prosedur (SOP) yang jelas, sehingga serapan anggaran menjadi kurang optimal. “Ke depan bagaimana perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pelaporan sampai kepada evaluasi bisa dilakukan dengan seefektif mungkin.

Untuk memperbaiki ini perlu kerja keras bersama,” ujarnya. Eeng yang sedang mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (diklatpim) tingkat IV tersebut bertekad melalui proyek perubahannya akan melakukan optimalisasi peran dan kinerja  PPTK di Kecamatan Kramatwatu. “Melalui inovasi yang kami gagas itu capaian kinerja di kecamatan semakin baik, terwujudnya organisasi yang tertib administrasi, tertib keuangan, tertib pelaksanaa, dan laporannya,” tuturnya.


Dalam jangka pendek, inovasi tersebut akan diterapkan dalam jangka waktu 37 hari di Kecamatan Kramatwatu. Sehingga melalui inovasi tersebut diharapkan para PPTK bisa lebih memahami tupoksinya. “Ke depan bisa lebih baik lagi, karena PPTK belum memahami tupoksinya masing-masing secara utuh. Makanya ke depan saya akan membuat buku saku terkait dengan tupoksi PPTK termasuk integritas ASN,” katanya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook