Jambret HP, Pelajar SMA Ditangkap Polisi

nurul roudhoh   |   Hukum  |   Jumat, 19 Oktober 2018 - 11:31:10 WIB   |  dibaca: 853 kali
Jambret HP, Pelajar SMA Ditangkap Polisi

JAMBRET : Korban (kiri) jambret ditemani sahabatnya, saat melapor ke Mapolsek Serang, kemarin.

SERANG- Seorang pelajar SMA di wilayah Kota Serang berinisial RZ (17) diringkus petugas Unit Reskrim Polsek Serang, di kawasan Sempu, Kelurahan Cipare, Kecamatan Serang, Kamis (18/10) pukul 16.00. Pelajar itu ditangkap karena menjambret telepon selular (ponsel).

Korban penjambretan adalah Syifa (16), siswi SMEA 2 Kota Serang. Syifa menjelaskan, kejadian tersebut terjadi saat dirinya dalam perjalanan pulang sekolah, menaiki sepeda motor bersama temannya. Ketika di perempatan jalan Warung Pojok, dirinya dipepet RZ kemudian ponselnya dijambret."HP (handphone) saya sedang dipegang, tau-tau dari belakang pelaku mengambil HP saya," katanya saat ditemui di Mapolsek Serang.

Menurut Syifa, usai mengambil HP Oppo miliknya, pelaku yang menggunakan sepeda motor Honda Beat melarikan diri ke arah Cijawa. Tak mau kehilangan HP, Syifa bersama temannya langsung mengejar terhadap pelaku."Pelakunya ada dua orang. Pas kita kejar dia (pelaku) lagi membongkar HP saya enggak jauh dari lampu merah Sempu," ujarnya.


Meski sudah tertangkap basah, pelaku tetap mempertahankan HP hasil kejahatannya tersebut. Guna merebut kembali HP yang dicuri, dia dan temannya langsung meminta pertolongan warga."Saya minta HP-nya, dia nolak. Katanya itu HP dia, terus saya minta tolong ke warga. Setelah ramai warga dia baru meminta maaf dan mengembalikan HP saya," ungkapnya.


Kanit Reskrim Polsek Serang Kota Ipda Juwandi mengatakan, dalam kasus ini pelaku melancarkan aksinya tidak sendiri."RZ ini masih sekolah dan sekolahnya tak jauh dari sekolah korban. Pelakunya dua orang dan masih sekolah juga. Namun satu pelaku berhasil melarikan diri," katanya.


Juwandi menambahkan, tersangka mengincar sasaran pengendara motor yang suka menggunakan ponsel saat berkendara di jalan raya. Saat menemukan targetnya, pelaku akan memepet motor korban dan langsung menjambret ponsel serta membawanya kabur."Saat menjambret pelaku masih menggunakan pakaian seragam sekolah, ditutupi dengan switter. Dari pemeriksaan, dia ngakunya baru sekali menjambret," tambahnya.


Juwandi menjelaskan, pelaku berhasil diamankan saat petugas Polsek Serang tengah melakukan patroli di sekitar lokasi kejadian. Guna menghindari adanya amuk massa, pelaku langsung diamankan ke Mapolsek Serang."Kebetulan petugas sedang patroli di sana.

Melihat ada keramaian, petugas kami langsung ke lokasi dan mengamankan pelaku," ujarnya.Akibat perbuatannya, pelaku terancam pasal 365 KUHP tentang pencurian dan kekerasan dengan ancaman hukuman maksimal di atas tiga tahun penjara. (darjat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook