Petani Sobang Gelar Ruwatan Bumi

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Kamis, 25 Oktober 2018 - 11:46:32 WIB   |  dibaca: 247 kali
Petani Sobang Gelar Ruwatan Bumi

DIALOG : Bupati Pandeglang Irna Narulita berbaur dengan warga dalam ruwatan bumi di Kampung Tanjakan Desa Pangkalan Kecamatan Sobang, Rabu (24/10).

PANDEGLANG - Ruatan Bumi yang kerap dilakukan oleh warga Kecamatan Sobang jelang musim tanam merupakan sebuah tradisi yang hingga saat ini terus dirawat. Bahkan, Bupati Pandeglang Irna Narulita pun berkesempatan untuk berbaur dengan warga untuk menyaksikan ruwatan.

Namun demikian, Irna Narulita menyarankan acara harus diniatkan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. "Lahan yang terus kita pergunakan ini harus disyukuri kepada Allah SWT. Selain itu, harus dirawat dan dipupuk dengan pupuk organik agar mengurangi residu pada hasil pertanian yang kita konsumsi," demikian dikatakan Bupati Irna Narulita pada acara ruwatan bumi di Kampung Tanjakan, Desa Pangkalan, Kecamatan Sobang, Rabu (24/10).


Bupati juga berharap, dalam mengolah laham pertanian di daerah tersebut diharapkan menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan)."Mesin pertanian yang canggih akan kita putar secara bergiliran, karena sangat dibutuhkan oleh petani disini agar lebih cepat dalam pengolahan lahan," ungkapnya.


Camat Sobang Subro Mulisi membenarkan jika kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh warganya. Kata Subro, biasanya sebelum acara ruat bumi, warga terlebih dahulu melakukan ziarah, "Ketika mulai masa tanam,  mereka akan melakukan syukuran dahulu yang dinamakan ruwat bumi. Jika Rabu ini warga melakukan syukuran,  berarti Jumat kemarin sudah melakukan ziarah di TPU," kata Subro. (muhaemin)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook