Dibantu KBS, Kampung Wisata UMKM Diperindah

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 26 Oktober 2018 - 11:43:36 WIB   |  dibaca: 234 kali
Dibantu KBS, Kampung Wisata UMKM Diperindah

Camat Cilegon, Idad Zaldad, Dirut PT KBS, Alugoro Walyowahyudi, dan Lurah Bendungan, Maman Herman foto bersama, kemarin.

CILEGON – Puluhan warga bersama karyawan PT Krakatau Bandar Samudra (KBS) melakukan gotong royong di Kampung Wisata UMKM di Jalan Abdulatif, Lingkungan Palas, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon. Mereka membersihkan, mengecat dan membangun gapura untuk memperindah kondisi kampung wisata.

Lurah Bendungan, Maman Herman mengatakan, sudah sejak sebulan lalu kampung wisata ada di wilayah kelurahannya. Semakin indah susana kampung, maka diharapkan wisatawan banyak yang datang.

“Kebetulan ada dari PT KBS yang ingin membangunkan gapura dan juga mengecat lingkungan. Melalui bantuan dari KBS ini, tentu akan semakin memperindah suasana kampung wisata,” katanya kepada wartawan di sela-sela gotong royong, Kamis (25/10).


Maman menyatakan, tujuan adanya kampung wisata UMKM tersebut untuk meningkatkan perekonomian para UMKM, khususnya perajin kasur dan makanan ringan. menurut Maman, kurang lebih ada 75 UMKM yang ada di Kampung Wisata UMKM.“Kami yakin potensinya bisa lebih meningkatkan daya jual produk. Sebab, semakin banyak yang berkunjung maka harapannya semakin banyak juga yang membeli,” pungkasnya.


Kasi Pemerintahan dan Ketertiban Umum Kelurahan Bendungan, Nurul menambahkan, gagasan pendirian Kampung Wisata UMKM berawal dari tugas peroyek perubahan dalam pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Dilkatpim) IV, yang sedang diikutinya.


Ia berharap dengan adanya Kampung Wisata UMKM, maka bisa mendorong perekonomian warga. “Kampung wisata ini terinspirasi oleh kampung wisata di beberapa daerah yang maju dan berkembang. Dengan adanya ini, kami harap bisa lebih mengembangkan potensi Kelurahan Bendungan, di mana sudah banyak UMKM di sini,” imbuhnya.


Camat Cilegon, Idad Zaldad mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Kelurahan Bendungan. Adanya Kampung Wisata UMKM tersebut harus menjadi inspirasi untuk kelurahan lainnya, sehingga berbagai potensi yang ada bisa terus ditingkatkan dan dikembangkan.“Kelurahan lainnya harus juga punya inisiasi untuk membuat semacam ini, tentunya dengan potensi yang ada di kelurahan masing-masing,” ungkapnya.


Direktur PT KBS, Alugoro Mulyowahyudi menjelaskan, program melakukan gorong royong dan melakukan pembangunan infrastruktur untuk warga adalah bagian rutin yang selalu dilakukan oleh PT KBS, khususnya para karyawan selalu rutin melakukan gotong royong seperti mengecat masjid, dan gotong royong lainnya.

“Ini bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) yang kami lakukan, bukan hanya dilakukan di lingkungan ini saja, namun sebelumnya juga pernah dilakukan di lingkungan lainnya di Kota Cilegon,” jelasnya. (uri)      

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook