Bjb-Pemkab Serang Makin Sinergis

nurul roudhoh   |   Bisnis  |   Jumat, 02 November 2018 - 11:24:41 WIB   |  dibaca: 38 kali
Bjb-Pemkab Serang Makin Sinergis

TINGKATKAN LAYANAN : Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (dua dari kiri), Pimpinan bank bjb KCK Banten Sakti Ramadhani (tengah), CEO Regional 4 Bank BJB Edy Kurniawan Saputra (dua dari kanan) berfoto bersama usai melakukan penandatangan kerjasama terkait penggunaan aplikasi Sistem Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) online di ruang rapat bank bjb KCK Banten, Kamis (1/11).

SERANG - Pemerintah Kabupaten Serang bekerjasama dengan bank bjb Kantor Cabang Khusus (KCK) Banten meluncurkan penggunaan aplikasi Sistem Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) online sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada organisasi pemerintah daerah (OPD) dalam pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.

Peluncuran aplikasi bersasis online ini ditandai dengan penandatangan kerjasama oleh kedua lembaga, yang diwakili Bupati Serang  Ratu Tatu Chasanah dan Pimpinan bank bjb KCK Banten Sakti Ramadhani.

CEO Regional 4 Bank BJB, Edy Kurniawan Saputra mengatakan, kerjasama  sistem SP2D online dengan Pemkab Serang dilakukan  untuk engembangkan sistem Simral berbasis online yang sudah berjalan."Yang semulanya pegawai Pemkab Serang harus ngantri di bjb, maka setelah menggunakan SP2D ini maka informasi yang diinginkan bisa didapatkan secara online dan real time," kata Edy Kurniawan Saputra di ruang rapat bank bjb KCK Banten, Kamis (1/11).

   
Edy mengatakan,  dengan adanya aplikasi ini, nantinya Pemkab Serang juga akan lebih dimudahkan  mengetahui  penerbitan SP2D. Pasalnya, aplikasi tersebut terhubung langsung melalui smartphone android."Kalau selama ini transaksinya manual, banyak merepotkan, dan banyak membuang waktu, namun dengan diluncurkannya aplikasi SP2D online ini, akan sangat membantu temen-temen dari Badan Pendapatan dan Keuangan Daerah BPKAD). Jadi Tidak akan antri lagi ke bjb   saat ingin cek SP2D karena sudah layanan berbasis android dan notifikasi akan masuk ke  smartphone mereka," Katanya.

Pimpinan bank bjb KCK Banten Sakti Ramadani mengatakan, aplikasi SPD2D tersebut  bisa menjadi alat untuk mengetahui pendapatan dan pengeluaran kas daerah milik Pemkab Serang."Untk Pemkab Serang sendiri, dengan aplikasi ini mereka dapat mengontrol pengeluaran yang sudah terjadi (digunakan). Jadi pengeluaran kas daerah termonitor langsung sudah digunakan kemana saja," terang Sakti.

Sakti melanjutkan, dengan adanya aplikasi tersbut, dapat memberikan kepastian pencairan dana bagi para pemenang tender proyek pembangunan di Pemkab Serang."Keberadaan aplikasi SP2D ini juga sangat bagus bagi kontraktor atau pihak ketiga saat menunggu pencarian dana. karena biasanya saat kontraktor tersebut jadi pemenang tender mereka tidak ada kepastian kapan akan dilakukan pembayaran. Tapi dengan aplikasi ini mereka dapat melihat prosesnya, sudah dimana dan kapan bisa dicairkan," katanya.

Sementara itu Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, SP2D online merupakan inovasi terkini ang dikembangkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam aplikasi  Simral. Aplikasi ini telah digunakan Pemkab Serang sejak tahun anggaran 2017 lalu.

"Dengan implementasi SP2D ini pemerintah daerah dapat memantau keuangan kas daerah terkni secara real time melalui rekening koran maupun monitoring rekening umum kas daerah yang ada di bank bjb. Monitoring juga dapat dilakukan melalaui kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)," kata Tatu.

Tatu mengatakan,  peluncran aplikasi SP2D online ini dalam rangk mendukung gerakan transaksi non tunai yang dicanangkan Bank Indonesia."Ini juga untuk mendukung sukses dan tertibnya transaksi non tunai. Oleh karena itu saya mengapresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh seluruh jajaran Pemkab Serang yang sudah dapat berinovasi dan bekerja lebih baik demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Serang," ucap Politisi Partai Golkar ini.

Tatu berharap, inovasi semacam ini terus dikembangkan OPD Pemkab gunameningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar lebih cepat,  efektif dan efisien."Dan alhamdulillah untuk penerapan sejumlah inovasi, Pemkab Serang telah mendapatkan award  dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) berupa Inovasi Administrasi Negara (INAGARA)," katanya.

Penghargaan tersebut diberikan langsung Kepala LAN RI Dr Adi Suryanto kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Gedung Makarti Bhakti Nagari Lantai II LAN, di Jakarta Pusat, Selasa (30/10) kemarin. Selain Bupati Serang terdapat 26 bupati dan walikota yang menerima INAGARA Award yang dinilai berkomitmen menumbuhkembangkan inovasi di daerahnya melalalui Laboratorium Inovasi LAN.

"Mudah-mudahan dengan didapatkannya penghargaan tersebut dapat menunjukan semangat Pemkab Serang dalam memberikan layanan lebih baik lagi untuk masyarakat, dan inovasi-inovasi yang kami lakukan ini merupakan dari OPD Pemkab Serang," tutup Tatu. (ismet)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook