Puluhan Truk Pengangkut Tanah Kena Tilang

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Jumat, 02 November 2018 - 12:20:04 WIB   |  dibaca: 569 kali
Puluhan Truk Pengangkut Tanah Kena Tilang

MELANGGAR : Anggota Lalu lintas Polres Tangsel menghentikan sejumlah mobil truk tanah yang melintas di jalan raya BSD - Pagedangan, Kamis (1/11)

KOTA TANGSEL — Pengemudi kendaraan motor dan mobil seperti tak ada jeranya. Mereka tetap saja melakukan pelanggaran saat berkendara di jalan raya dengan tidak membawa kelengkapan surat-surat kendaraan dan melanggar aturan berlalu lintas. Terbukti, di hari kedua Operasi Zebra Jaya, jajaran Satlantas Polres Tangerang Selatan menilang puluhan truk tronton pengakut tanah merah saat melintas di Jalan Raya Serpong, Kamis (1/11).


Selain tidak membawa kelengakapan surat-surat kendaraan, pengemudi truk juga dinilai melanggar Perda Tangsel tentang lalulintas, dengan nekad menerobos jalur yang dilarang dilalui kendaraan truk pada jam-jam tertentu. Pada muatan truk itu juga diduga melebihi kepesitas. “Ada puluhan tronton ditilang, semuanya over capacity,” ujar Kasat Lantas Polres Tangsel AKP Lalu Hedwin, kepada wartawan, Kamis (1/11).


Tilang juga dilakukan karena sopir truk tronton melanggar Peraturan Walikota Tangsel terkait jam operasional, sehingga melanggar aturan pembatasan jam operasional truk di jalan raya. Selain menilang belasan truk tanah, petugas juga menilang di tempat terhadap 79 kendaraan roda empat dan 135 kendaraan roda dua yang kedapatan melanggar peraturan lalu lintas.

Umumnya, pelanggaran dilakukan sepeda motor adalah karena melawan arus, tidak dilengkapi surat-surat dan melanggar rambu. Operasi Zebra Jaya 2018 serentak digelar di seluruh wilayah Polda Metro sejak Selasa (30/10) hingga Senin (12/11).


Jumlah kendaraan yang ditilang tersebut merupakan akumulasi hasil operasi di hari pertama dan kedua. Di hari pertama, operasi yang dilakukan di depan RS Medika BSD Jalan Letnan Sutopo Serpong, petugas menilang 135 kendaraan roda dua dan 79 kendaraan roda empat, yang dianggap melanggar aturan.


Selain kendaraan roda dua dan empat, Satlantas Polres Tangsel juga menindak belasan truk yang tengah melintas, karena dianggap overcapacity dan melanggar Perwal. "Ada 11 yang ditilang, semuanya overcapacity juga karena melanggar perwal aturan jam operasional truk," jelas Lalu. (mg/imron)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook